Warga Kesulitan Air Bersih, Polres Tasikmalaya Salurkan Bantuan Air

- 5 Oktober 2023, 06:00 WIB
Polres Tasikmalaya salurkan ribuan liter air bersih untuk warga Pasir Jaya.
Polres Tasikmalaya salurkan ribuan liter air bersih untuk warga Pasir Jaya. /Edi Mulyana/priangantimurnews/PRMN/

PRIANGANTIMURNEWS - Pasca dilanda kemarau. Warga yang tinggal jauh dari sumber mata Air, atau berada di lahan tanah hujan sudah mulai kesulitan Air bersih.

Kesulitan untuk mendapatkan Air bersih pun terjadi di wilayah Priangan Timur termasuk di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya 

Kemarau yang melanda setiap wilayah termasuk Kabupaten Tasikmalaya membuat warga Pasir Jaya Desa dan Kecamatan Tanjungjaya, mengalami krisis air.

Baca Juga: Kekeringan Melanda! Masyarakat Kesulitan Air Bersih, Polres Tasikmalaya Buat Sumur Bor

Akibat lahan dan sumber mata air mengering. Terpaksa warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap hari, harus  membeli air bersih sebesar Rp. 15.000 untuk 15 jerigen ukuran 10 liter. 

"Dalam sehari, setidaknya membutuhkan air sebanyak 150 liter. Iya sudah kering pak, sehari beli 15 ribu untuk 15 jerigen," kata warga setempat, Ani (45) kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Rabu 4 Oktober 2023.

Sehingga pengeluaran rumah tangga bertambah karena harus membeli air bersih. Kondisi itu pun, membuat uang pembelian untuk beras dan sayuran terpotong.

Baca Juga: Atasi Kesulitan Air Para Petani di Subang, Kementerian PUPR Bangung Bendungan Sadawarna, Rampung Agustus 2022

"Untuk memenuhi kebutuhan Air, kita ambil dari uang belanja buat makan, beras sama sayuran belinya dikurangi. Gimana lagi saya butuh air bersih pak," jelas Ani.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x