Tindak Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan, Hendy: Melahirkan Urusannya Nyawa, Hati Nurani Kudu Dikedepankan

- 22 Desember 2023, 07:07 WIB
Bupati Jember Hendy Siswanto menjenguk ibu yang melahirkan di tepi jalan di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember/ANTARA/HO-Diskominfo Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto menjenguk ibu yang melahirkan di tepi jalan di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember/ANTARA/HO-Diskominfo Jember /

PRIANGANTIMURNEWS - Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Jember, Jawa Timur bikin move cepat nangani ibu Holila, yang lagi viral di medsos karena melahirkan di pinggir jalan tepatnya di Desa Kaliglagah Kabupaten Jember pada Rabu 20 Desember 2023.

Bupati Jember, Hendy Siswanto dan timnya turun langsung ke rumah ibu yang lahiran di pinggir jalan pada Kamis 21 Desember 2023.

Bupati Hendy mengungkapkan bahwa kedatangannya ke rumah ibu Holila enggak cuma buat ngejenguk, tapi juga buat ngingetin semua warga supaya kejadian kaya gitu tidak terulang lagi.

Baca Juga: Khifayati Nursetiana: dalam Melahirkan Generasi Emas Kebutuhan Gizi Anak Sangat Penting

Katanya lagi, melahirkan di pinggir jalan itu punya resiko tinggi buat Angka Kematian Ibu (AKI) juga Angka Kematian Bayi (AKB) yang jadi perhatian semua orang.

Hendy, dateng buat pastiin langsung soal kondisi kesehatan si ibu dan anak, biar kedepannya masyarakat dan pemangku kepentingan bisa saling ngingetin tentang risiko AKI-AKB.

Hendy menjelaskan bahwa kejadian itu jadi pelajaran bareng, biar nanti para kepala desa lebih perhatian sama warganya, kalau ada yang hamil langsung ditindak.

Baca Juga: Seorang Wanita Melahirkan di Jalur Pendakian Gunung Slamet, Begini Kisahnya

Kepada warga Jember, kejadian ini juga jadi pelajaran. Kalau udah deket waktunya lahir, langsung ke puskesmas atau RS terdekat.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x