Munggahan di PPAT Hamalatul Qur'an, Dari 'Ngobeng Lauk' Sampai Tasmi 30 Juz Al Qur'an Bil Ghoib Sekali Majelis

- 7 Maret 2024, 19:25 WIB
Santriwati PPAT Hamalatul Qur'an Manonjaya Kabupaten Pangandaran terlihat sumringah sebelum menyantap nasi liwet pada acara Tarhib Ramadhan sekaligus munggahan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1445 H/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN. 
Santriwati PPAT Hamalatul Qur'an Manonjaya Kabupaten Pangandaran terlihat sumringah sebelum menyantap nasi liwet pada acara Tarhib Ramadhan sekaligus munggahan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1445 H/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN.  /

PRIANGANTIMURNEWS - 'Ramadhan tiba...Ramadhan tiba..Marhaban, ya.. Ramadhan! Marhaban..ya, Ramadhan!'

Lirik lagu dari Opick  dalam seminggu terakhir ini begitu sering kita dengar. Lirik lagu ini yang menggambarkan kegembiraan akan tibanya Bulan Ramadhan, bulan yang sangat dinanti oleh seluruh umat Muslim di dunia.

Banyak cara dilakukan dalam menyambut datangnya bulan penuh berkah ini. Di kalangan masyarakat Sunda tradisi menyambut datangnya Ramadhan diwarnai dengan kegiatan Munggahan.

Baca Juga: Ratusan Santri dan Warga Kota Tasikmalaya Akan Menggelar 'Munggahan' Penuh Makna, Simak Infonya!

Sementara di kalangan Pesantren kegiatan menyambut datangnya bulan Ramadhan dikenal juga dengan istilah Tarhib Ramadhan.

Baik munggahan atau Tarhib Ramadhan sama-sama mempunyai tujuan yakni mengekspresikan rasa syukur dan suka cita akan datangnya bulan penuh berkah ini.

Kegiatan munggahan ini juga telah dilaksanakan di Pondok Pesantren Alam Tahfidz Hamalatul Qur'an Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 7 Maret 2024 berupa 'lomba liwet' dan 'ngobeng lauk' (ikan) Ngobeng lauk ini yakni menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong.

Baca Juga: Heboh! Uang Dana BOS untuk Program Makan Siang Gratis, Gaji Guru Honorer Semakin Terjepit

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x