Pengamat: Nilai Strategis Ucapan Selamat Bagi Prabowo, Berkontribusi Membangun Hubungan Positif Antar Negara

- 11 Maret 2024, 21:43 WIB
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dapat ucapan selamat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron pakai bahasa Perancis./Instagram/@prabowo
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dapat ucapan selamat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron pakai bahasa Perancis./Instagram/@prabowo /

PRIANGANTIMURNEWS - Menurut seorang pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjadjaran, Arfin Sudirman, memberikan ucapan selamat kepada Calon Presiden (Capres) RI Prabowo Subianto atas pemimpin dari negara-negara sahabat yang memiliki arti sangat penting dan strategis. 

Dalam keterangannya di Jakarta Senin, 11 Maret 2024, Arifin menyatakan bahwa nilai strategis dan pentingnya ucapan tersebut sangat berkontribusi dalam membangun hubungan positif antar negara.

Meskipun demikian, Arfin mencatat bahwa memberikan ucapan selamat daripada negara-negara sahabat, terutama dengan memiliki pengaruh baik di kawasan maupun global, adalah suatu tindakan yang wajar dilakukan. Selanjutnya, dia menyoroti perlunya mengantisipasi peran signifikan yang dapat dimainkan oleh Indonesia di panggung dunia, terutama selama periode 2024-2029.

Baca Juga: Prabowo Optimis Ekonomi RI Akan Tumbuh Hingga 8 Persen, Ciptakan Lapangan Kerja Bagi WNI

Namun, perlu diwaspadai bahwa Indonesia mempunyai potensi memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan kekuatan di kawasan, terutama mengingat adanya ucapan selamat dari 2 kubu yang tengah bersaing secara politik dan ekonomi dengan Prabowo. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya konflik geopolitik di wilayah tersebut.

Daftar tokoh dunia yang telah memberikan ucapan selamat kepada Prabowo hingga tanggal 11 Maret 2024 mencakup:

Melalui komunikasi telepon:

1. Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese

2. Perdana Menteri Lee Hsien Loong, dari Singapura  

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x