Jalur Mudik Banjarwangi Garut Tertutup Material Longsor, Polisi Bersama Warga Bersihkan Jalan Secara Manual

- 12 April 2024, 15:19 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi jalan yang terdampak tanah longsor di Jalan Raya Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jumat 12 April 2024/ANTARA/HO-Polsek Banjarwangi
Sejumlah kendaraan melintasi jalan yang terdampak tanah longsor di Jalan Raya Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jumat 12 April 2024/ANTARA/HO-Polsek Banjarwangi /

PRIANGANTIMURNEWS - Mengatasi material longsor yang masuk ke ruas jalan raya merupakan tantangan serius dalam pemeliharaan infrastruktur.

Langkah-langkah untuk penanganannya meliputi evaluasi kondisi jalan, pembersihan material longsor, dan penguatan struktur jalan.

Penanggulangan ini memerlukan kerjasama lintas sektor antara pemerintah, ahli teknik sipil, dan masyarakat untuk mengurangi risiko longsor dan memastikan keamanan jalan bagi pengguna.

Baca Juga: Dua Orang Terluka, Akibat Longsor di Tol Bocimi Parungkuda, Mobil Terperosok Masuk Lubang

Perencanaan yang cermat, pemeliharaan rutin, dan penerapan teknologi yang tepat dapat membantu mengurangi dampak material longsor terhadap jalan raya.

Seperti yang terjadi di Garut sejumlah petugas polisi berinisiatif untuk mengatasi kemacetan akibat longsor di jalur mudik selatan Banjarwangi-Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Jumat 12 April 2024.

Mereka menerapkan sistem buka-tutup jalan agar lalu lintas tetap lancar. Iptu Amirudin Latif, Kepala Polsek Banjarwangi, menjelaskan bahwa longsor yang terjadi dini hari telah menutup akses jalan dari Banjarwangi ke Singajaya dan sebaliknya.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan Jalur Mudik, Kapolda Jawa Barat Cek Pos Terpadu Letter U Gentong Tasikmalaya

"Saat ini sudah dapat dilintasi tetapi buka tutup, dan anggota masih disiagakan,"ungkap Latif.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x