Peringati Harkitnas, Ijang Jamaludin : Kedaulatan sebuah Negara Adalah Kesejahteraan Rakyatnya

- 20 Mei 2022, 16:08 WIB
Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ijang Jamaludin, Wali Kota, Muhammad Yusup, Anggota DPRD, Dodi F Kusnandar saat peringati Harkitnas/PRMN/PRITIMNEWSNanang Yudi/
Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ijang Jamaludin, Wali Kota, Muhammad Yusup, Anggota DPRD, Dodi F Kusnandar saat peringati Harkitnas/PRMN/PRITIMNEWSNanang Yudi/ /

PRIANGANTIMURNEWS- Setiap tanggal 20 mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang selalu diidentikan dengan berdirinya perkumpulan Boedi Oetomo. Terlepas dari banyak perbedaan pendapat sejarawan tentang organisasi atau perkumpulan mana yang relevan.

Intinya dari lahirnya perkumpulan tersebut tujuannya adalah untuk menghindari perpecahan dan membangkitkan kembali kesadaran sejarah nasional dalam melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan.

Demikian dikatakan Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya, Ijang Jamaludin, seusai peringatan Harkitnas di Bale Kota, Jumat 20 Mei 2022.

Baca Juga: Penjelasan shalat Qashar dan Jama

"Mempertahankan kemerdekaan adalah membangun kedaulatan. Kedaulatan sebuah Negara adalah kesejahteraan rakyatnya. Rakyat yang sejahtera adalah penjewantahan dari perilaku para pemimpin yang adil," ungkapnya.

Ijang melanjutkan, Pemilihan umum (Pemilu) tanggal 14 Februari 2024 mendatang merupakan hari pemungutan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). 

Dan Pemilu adalah sarana demokrasi untuk mengevaluasi dan memilih pemimpin yang diamanahkan rakyat untuk menjamin kesejahteraan rakyatnya. Maka, semua itu menjadi tanggungjawab semua rakyat untuk mengawal prosesnya dan mengawal kualitasnya.

Baca Juga: Organisasi Petani Sawit Apresiasi Langkah Jokowi Buka Ekspor Migor

"Sehingga pemimpin yang lahir dari pemilu, adalah pemimpin yang mewakili kehendak rakyatnya. Dan mengawal kualitas pemilu, bukan hanya datang ketika hari pemungutan suara," tuturnya.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x