Lahir pada 20 Mei 1946, Inilah Sejarah Divisi Siliwangi Tasikmalaya

- 30 Mei 2022, 07:51 WIB
Monumen Tentara Siliwangi/Priangantimurnews/NANANG YUDI/
Monumen Tentara Siliwangi/Priangantimurnews/NANANG YUDI/ /

PRIANGANTIMURNEWS- Monumen yang berdiri tegak di pusat keramaian Kota Tasikmalaya dengan sosok lelaki membawa bendera petaka serta seokor harimau Lodaya yang menemaninya merupakan bukti juga saksi bisu bahwa ditempat tersebut awal lahirnya "Tentara Siliwangi".

Markas Divisi Siliwangi yang bertempat di Jalan Otto Iskandar Dinata depan Alun-alun Kota Tasikmalaya dengan komandan pertamanya adalah Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution yang pada waktu itu masih berpangkat Kolonel.

Bangunan tersebut yang dulunya merupakan Markas Tentara Siliwangi, kini telah berubah menjadi Kantor Cabang Bank Mandiri Tasikmalaya.

Baca Juga: Luna Maya Bagikan Momen Bersama Siwon Super Junior

Dan tidak semua masyarakat tahu bahwa monumen tersebut merupakan tonggak sejarah dimana Kota Tasikmalaya adalah tempat lahirnya tentara Siliwangi

Begitu juga markas komando pertama divisi Siliwangi yang merupakan pasukan kebanggaan rakyat Jawa Barat yang lekat dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan saat negara kesatuan republik Indonesia baru merdeka berdiri di Kota Tasikmalaya.

Saat priangantimurnews.com berbincang dengan Nana Rusmana seorang Purnawirawan TNI terakhir berpangkat Sersan Dua (Serda) Warga Kecamatan Tawang, Senin 30 Mei 2022, membenarkan bahwa Tentara Siliwangi terlahir di Kota Tasikmalaya selepas tiga divisi di bawah Komandemen I Tentara Keamanan Rakyat dilebur. 

Baca Juga: Prediksi Skor Skotlandia vs Ukraina, H2H, Berita Tim, Starting XI: Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022

"Sejarah Tentara Siliwangi di sini (Tasikmalaya), lahirnya di sini, masyarakat maupun generasi muda saat ini banyak yang tidak mengetahui, coba saja tanya ke TNI aktif pasti ada juga yang tidak mengetahui dimana lahirnya Siliwangi," ungkap Nana.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x