Banjir Bandang Merendam Puluhan Rumah, Akses Jalan Menuju Pangandaran Terputus

- 28 Oktober 2020, 08:43 WIB
Akses jalan menuju Pangandaran sempat terganggu karena tergenang air setingi kaki orang dewasa.*
Akses jalan menuju Pangandaran sempat terganggu karena tergenang air setingi kaki orang dewasa.* /Agus/

PRIANGANTIMURNEWS - Banjir bandang melanda kawasan Dusun Pongporang Desa Sindangrasa Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Banjir Air yang berasal dari luapan air sungai Cikaso tersebut tak hanya membuat infrastruktur jalan terganggu tetapi juga merendam 40 rumah di Dusun Pongporang Desa Sindangrasa Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis.

Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Banjaranyar, Asep Sulaeman, mengatakan, meluapnya air sungai Cikaso akibat dari curah hujan yang sangat tinggi semalaman.

 

Baca Juga: 17 Rumah Terdampak Banjir Bandang Di Kecamatan Padaherang


"Ya ini akibat curah hujan yang sangat tinggi semalaman. Sehingga mengakibatkan banjir hampir di seluruh wilayah Banjaranyar,wilayah yang parah terletak di Dusun Panglanjan RT 01/01 Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, mereka memilih mengungsi ke rumah yang aman dari banjir," ucapnya.

Selain rumah yang terendam, akibat hujan semalaman, Asep menambahkan, Jalan Banjarsari Kalijaya Parigi di daerah Bulaksitu Desa Banjaranyar pun terjadi longsor, di Desa Cikaso jalan tertutup lumpur luapan sungai Ciputtahaji.

"Jalan akses menuju Kampung Madu longsor dan sekarang masyarakat sedang gotong royong mengangkut tanah dan potongan kayu-kayu yang terbawa arus air." terangnya.

Baca Juga: Jalan Alternatif Penghubung Garut-Tasik Tergerus Longsor

Di tempat terpisah, anggota Tagana Kab Ciamis, Dimas, menyampaikan, Sungai Cikaso meluap karena pertemuan antara sungai Cikaso dengan sungai Ciputra haji, hingga meluap sampai kepemukiman warga. "Ada empat Desa yang terendam yaitu Cikaso, Tanjungsari, Sindangrasa dan Cigayam Kecamatan Banjarsari Anyar." ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x