Kabar Baik! Menpora Bocorkan Proses Naturalisasi dan Jokowi Sahkan Berkas Tiga Pemain

- 21 Juli 2022, 12:59 WIB
Diduga Menpora bocorkan proses naturalisasi dan Jokowi sahkan tiga pemain.
Diduga Menpora bocorkan proses naturalisasi dan Jokowi sahkan tiga pemain. /YouTube/Love Indonesia/



PRIANGANTIMURNEWS - Akhirnya rasa penasaran fans Timnas Indonesia tentang naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Terungkap Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora Zainudin Amali bocorkan semuanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali membocorkan soal perkembangan proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Dia memastikan bahwa berkas naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama telah ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi.

Meski demikian proses naturalisasi meski berjalan karena berkas ketiga pemain keturunan itu tertahan di DPR yang diketahui sedang memasuki masa Keppres atau kunjungan kerja.

Baca Juga: PSSI Umumkan Seluruh Pemain Naturalisasi Merapat Ke Timnas Indonesia

Saat masih menunggu karena DPR lagi Keppres jadi kita tunggu selesai baru diagendakan lagi kalau sudah, saya siap ke Komisi III dan Komisi X karena Presiden sudah tanda tangan ucap Menpora Zainudin Amali.

Setelah start 19 Juli 2022 Menpora sekaligus menjawab rasa penasaran penggemar mengenai lamanya proses naturalisasi ketiga pemain yang diajukan pelatih timnas Indonesia Shin Tae Young.

Belum lama ini EXCO PSSI Hartani Abdulgani menyampaikan bahwa berkas Sandi Walsh dan Jordi Amat masih dievaluasi oleh DPR sehingga mereka tidak bisa menjalani sumpah Warga Negara Indonesia dan bermain di kualifikasi piala Asia 2023.

Lebih lanjut Menpora memastikan pemerintah mendukung penuh proses naturalisasi jika memang sesuai dengan kebutuhan jangka panjang Timnas Indonesia.

Baca Juga: Heboh Adegan Mesum Oknum Satpol PP Viral Sambil Video Call

Pemerintah juga akan memfasilitasi jika ada nama baru yang diajukan oleh PSSI. Jadi naturalisasi silahkan lanjut prosesnya memang tidak bisa secepat kilat meski mereka punya darah Indonesia ucap Menpora Zainudin Amali.

PSSI terlebih dulu mengajukan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora untuk dibahas komisi X DPR Republik Indonesia demi mendapat persetujuan sebelum dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM Kemenkumham.

Dalam keterangan Ditjen AHU, Administrasi Hukum Umum dijelaskan ada 13 persyaratan yang wajib dipenuhi jika seseorang ingin dan dinaturalisasi baik Jordi Amat, Sandi Walsh maupun Shaney Pattynama telah menjalani beberapa proses naturalisasi seperti wawancara dengan Badan Intelijen Negara atau BIN dan lainnya.

Beberapa waktu lalu di Jakarta selain tiga nama tersebut untuk Timnas Senior PSSI kabarnya juga ingin naturalisasi untuk U-19 setidaknya ada beberapa nama yang dilirik oleh pelatih Shin Tae Young pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.***

Baca Juga: Pengurus Partai Politik dan Pejabat Negara Dihimbau untuk Bisa Menahan Diri

Editor: Sri Hastuti

Sumber: YouTube Love Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x