Inilah Alasan Dibalik Barcelona yang Belum Bisa Mendaftarkan Pemain-Pemain Anyar!

- 12 Agustus 2022, 20:57 WIB
Manajer Bareclona Joan Laporta
Manajer Bareclona Joan Laporta /Instagram/@jlaportaoficial/


PRIANGANTIMURNEWS - Hampir setiap minggu ada presentasi pemain baru di Barcelona musim panas ini. Dimulai dengan pengenalan Franck Kessie dan Andreas Christensen pada bulan Juli, dua pemain yang didatangkan dengan status bebas transfer.

Kemudian Raphinha dari Leeds United, Robert Lewandowski dari Bayern Munich dan Jules Kounde dari Sevilla dengan total biaya transfer lebih dari 150 juta euro jika gabungan. Namun menurut beberapa laporan, para pemain ini belum dapat didaftarkan oleh Barcelona. Mengapa demikian?

Peraturan keuangan LaLiga mungkin yang paling ketat dari lima Liga top Eropa lainnya. Setiap klub di Spanyol diberi batas pengeluaran maksimum yang dapat mereka belanjakan untuk tim utama. Hal ini mencakup gaji dan biaya transfer para pemain dan staf pelatih.

Dalam istilah yang lebih sederhana, Batas pengeluaran klub pada dasarnya adalah perhitungan dari kemampuan keuangan klub berdasarkan pendapatan terhadap pengeluaran dan hutang mereka.

Baca Juga: Istri Ruben Onsu Alami Penyankit Langka, Sarwendah: Mungkin Bisa Lewat!

Ini juga diterapkan sebelum penandatanganan pemain baru, jadi jika klub tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Liga, maka mereka tidak bisa mendaftarkan pemain baru. Inilah kondisi yang terjadi di Barcelona saat ini dengan pemain baru mereka.

Batas pengeluaran klub tentu dapat berubah setiap saat, namun yang menjadi catatan, batas pengeluaran Barcelona sudah minus 144 juta euro dari yang telah ditetapkan La Liga pada akhir musim lalu.

Karena pengeluaran Barcelona sudah berada di luar batas yang ditetapkan, maka Liga hanya mengizinkan mereka untuk membelanjakan sebagian kecil dari apa yang mereka hasilkan.

Rasio antara pendapatan dan pengeluaran paling ideal yang ditetapkan adalah 1 banding 4, yang berarti klub di Spanyol hanya dapat membelanjakan 25% dari apa yang mereka hasilkan atau simpan. Hal ini dilakukan agar keuangan klub terus sehat.

Baca Juga: Makin Seru, Pesulap Merah Dilaporkan Persatuan Dukun Indonesia Polisi

Barca berharap penjualan hak siar televisi dan saham di Barca Studios akan meningkatkan batas mereka agar dapat beroperasi pada rasio 1 banding 1 dan mendaftarkan semua pemain mereka. Namun setelah diaudit, La Liga mengabarkan bahwa keuangan Barcelona masih belum ada di posisi itu.

Itu sebabnya mereka tidak dapat mendaftarkan semua pemain baru mereka. Namun ESPN melaporkan, bahwa itu bukan berarti mereka tidak dapat mendaftarkan beberapa pemain baru mereka.

Sederhananya, Barcelona perlu menjual lebih banyak aset agar dapat mendaftarkan semua pemain baru ini. Itulah sebabnya rumor untuk mengaktifkan tuas ekonomi ke-4 akan segera dilakukan. Uang segar diharapkan datang setelah penjualan kembali 24,5% saham dari Barca Studios minggu ini.

Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa itu masih belum cukup dan klub masih kekurangan uang untuk dapat mendaftarkan semua pemain.

Baca Juga: Disebut Hanya Ambil Harta Sule, Nathaalie: Ini Emang Milik Gue!

Oleh karena itu, klub terus bekerja untuk merampingkan jumlah pemain yang tidak masuk dalam daftar rencana Xavi, seperti Samuel Umtiti, Martin Braithwaite dan Memphis Depay.

Solusi lainnya adalah dengan cara pengurangan gaji, dan ini juga yang telah dilakukan oleh pemain veteran mereka Gerard Pique dan Sergio Busquets.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @olahbolacom


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x