Penting! Berikan Anak Usia di Bawah 5 Tahun Olahraga Fisik 1 Jam Setiap Hari

- 23 Desember 2023, 06:51 WIB
Sejumlah anak berusia di bawah lima tahun (balita) beradu cepat saat mengikuti latihan "Push Bike" di Karawang, Jawa Barat/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc
Sejumlah anak berusia di bawah lima tahun (balita) beradu cepat saat mengikuti latihan "Push Bike" di Karawang, Jawa Barat/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc /

PRIANGANTIMURNEWS - Para ahli dari AAP (American Academy of Pediatrics) membuat statement, mereka bilang bahwa anak-anak butuh sekitar 60 menit full buat ngolah tubuhnya dengan olahraga setiap hari, tapi bukan harus dikerjakan dalam satu waktu, bisa di-spread ke sepanjang hari juga.

Seperti yang dikatakan Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran UI, pada Jumat 22 Desember 2023, bahwa olah tubuh pada anak tidak harus langsung full durasi 60 menit, bisa dipotong-potong sesuai mood dan jadwal saja.

Pernyataan itu disampaikannya pada Seminar online yang bertajuk, "Peran Olahraga untuk Tumbuh Kembang Anak secara Optimal serta Manfaat dan Cara Memilihnya."

Baca Juga: Tegar Anggota Polisi Rebut Medali Emas di Olahraga MMA Amatir Pro

Rini menjelaskan, buat seru-seruan olahraga bersama anak, bisa dengan cara jogging, aerobik bareng, lari, naik sepeda, jalan kaki, sampe bela diri.

Dia juga menyampaikan, buat anak usia 3 tahun diajarkan naik sepeda roda 3 dulu sebelum coba balance bike. Begitu sudah mahir dengan roda 3-nya, baru deh bisa coba main balance bike.

Buat olahraga yang agak hardcore, Rini menyarankan, anak SD bisa coba jalan cepat di atas 5 kilometer per jam, hiking, bawa beban di punggung, atau jogging dengan kecepatan 8 kilometer per jam.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Terancam Gagal? Presiden Jokowi: Jangan Campur Adukan Olahraga dan Politik!

Enggak cuma itu, aktivitas fisik buat anak juga termasuk kerja berat kayak angkat beban, menyekop pasir, gerak batu bata, gali selokan, dan mencangkul.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x