Microsoft Pensiunkan Internet Explorer

- 16 Juni 2022, 12:39 WIB
Microsoft Pensiunkan Internet Explorer dan digantikan microsoft Edge
Microsoft Pensiunkan Internet Explorer dan digantikan microsoft Edge /Antara Foto/

PRIANGANTIMURNEWS- Terhitung sejak Rabu 15 Juni 2022 kemarin, Microsoft resmi pensiunkan Internet Explorer. Perangkat mesin pencari yang sudah beroperasi selama 27 tahun tersebut tak lagi dapat diakses.

Sebagai gantinya, perusahaan besutan Bill Gates dan paul Allen tersebut menawarkan Microsoft Edge.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui website resmi Microsoft. Mereka juga memperkenalkan Microsoft Edge sebagai browser yang lebih cepat dengan tampilan lebih modern dibandingkan dengan pendahulunya, Internet Explorer (IE). Selain itu, Microsoft Edge juga diklaim lebih aman.

Baca Juga: RRQ Wakil Indonesia Berhasil Mengalahkan Todak dan Melangkah ke Upper Bracket MSC 2022

Microsoft Edge tetap memiliki tampilan IE atau “IE mode”. Sehingga, pengguna lama dapat tetap mengakses mesin pencari ini dengan tampilan IE jika diperlukan.

Internet Explorer sendiri sudah tidak tersedia pada Windows 10 Client SKUs dan Windows 10 IoT terhitung sejak Rabu. Pengguna akan secara otomatis dialihkan ke browser Microsoft Edge. Sedangkan pada versi Windows 11, IE sudah otomatis digantikan oleh Microsoft Edge sebagai default browser.

Namun, pihak Microsoft juga mengonfirmasi bahwa pensiunnya IE tidak akan berpengaruh pada layanan lainnya seperti IE mode pada Microsoft Edge, IE platform termasuk WebOC dan COM automation.

Baca Juga: KASUS SUBANG TERANYAR: Beberapa Bukti Kejanggalan Yoris dan Istrinya

Sebagai gantinya, Microsoft akan meluncurkan Microsoft Edge yang mulai diluncurkan bersamaan dengan Windows 11. Sejak 2020 silam, pengguna Windows diminta untuk berhenti menggunakan peramban tersebut. Pengguna IE dialihkan ke Microsoft Edge bersamaan dengan update IE 11.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Microsoft


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x