Misteri Bencana Tahun 2022! Penguasa Laut Nusantara Nagih Janji? Mitologi Kuno Terungkap

- 23 Februari 2022, 19:48 WIB
Penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul.
Penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul. /Screenshot YouTube Aliqul Channel/

PRIANGANTIMURNEWS- Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terbentang dari Sabang hingga Merauke, seperti yang kita tahu luas lautan sebesar 71 persen dan luas daratan 29 persen dari luas permukaan bumi yang kita pijak saat ini Sehingga Indonesia juga kerap dijuluki sebagai negara Bahari.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari Youtube Aliqul Channel, Mitos dan kepercayaan tentang penguasa lautan di Nusantara masih tertanam sangat kuat dalam masyarakat Indonesia kerap kali dikaitkan dengan kejadian di luar Nalar, Rupanya bukan hanya milik Jawa, mitos ini juga muncul dalam folklor masyarakat Nusantara lain yang tersohor dan melegenda hingga ke penjuru dunia.

Lantas Seperti apa sejatinya mitos mengenai penguasa Laut Nusantara yang mendunia ini.

Baca Juga: Mengenal Cagar Budaya Mahkota Sultan Banten pada 1526-1832 Masehi

Mitos dan kepercayaan tentang Kanjeng Ratu Kidul bisa dikata masih tertanam sangat kuat dalam masyarakat Jawa ini setidaknya terlihat dari masih kuatnya istitusi adat yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan di Surakarta.

Mengakui keeksistensian nya pengakuan ini terjawab dalam ritus Labuan sedekah laut maupun pementasan Tari Bedoyo Ketawang, sebuah agen resmi ritual tahunan dari institusi adat masyarakat Jawa bukan hanya milik Jawa mitos ini juga muncul dalam folklor masyarakat nusantara lainnya.

Konsep Bahari bangsa Indonesia karya Yoseph YAPI Tahun 2013 sekalipun tidak muncullah sebagai figur dengan nama yang sama yaitu Kanjeng Ratu Kidul setidaknya mitos atau legenda tentang Dewi Laut juga bisa kita cari di Aceh Sumatera Utara dan daerah-daerah lain di Laut Nusantara.

Siapakah sosok penguasa laut di belahan Nusantara ini nomor satu laut Pulau Jawa, penguasa Laut Jawa ada yang menyebutkan 2 versi penguasa laut utara dan penguasa laut selatan.

Baca Juga: Kapan Jadwal Tayang Sinetron Juara Dunia SCTV? Simak Ulasan Berikut Ini

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Aliqul Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x