Kisah Terbentuknya Situ Gede Tasikmalaya dan Tragedi Pembunuhan Raja Muda Sumedang Prabudilaya

- 28 Februari 2022, 11:54 WIB
Instagram @wowtasikmalaya   Pulau di tengah Situ Gede Tasikmalaya Jawa Barat merupakan makam Eyang Prabudilayan, Raja Muda Sumedang yang dibunuh oleh kedua istrinya
Instagram @wowtasikmalaya  Pulau di tengah Situ Gede Tasikmalaya Jawa Barat merupakan makam Eyang Prabudilayan, Raja Muda Sumedang yang dibunuh oleh kedua istrinya /My Trip.id/


PRIANGANTIMURNEWS - Situ Gede merupakan salah satu wisata alam andalan Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Pemandangan alam yang masih asri dan sejuk membuat para wisatawan betah untuk melakukan wisata. Apalagi di Situ geda juga ada danau yang yang cukup lebar. Para wisatawan bisa berekreasi dengan naik perahu keliling Situ Gede.

Di balik keindaham pemandangan yang indah, Situ Gede ternyata masih banyak menyimpan cerita misteri. Mulai dari asal usul pulau yang berada di tengah situ. Kemudian ada makam, lalu makam siapa. Ini tentu belum banyak yang tahu.

Baca Juga: Prediksi Peterborough United vs Manchester City, Head to Head, berita tim, Starting XI Piala FA 2021-22

Termasuk cerita mistis bahwa di situ gede ada empat ikan raksasa yang diberi tugas untuk menjaga makam yang bierada di pulau tersebut. Lalu makan siapa? kemudian ikan raksaya itu ikan apa? Bagaiana asal usulnya bisa menjadi Saitu gede. Simak pembahasan arrikel di bawah ini.


Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari YouTube Ari Dwi, kisah terjadi Situ Gede terjadi berawal saat raja Sumedang Prabudilaya ingin menyelesaikan Kanuragannya, ia pergi ke Mataram untuk menuntut ilmu agama bersama istri Nyai Raden Dewi Kondang, dan anak buahnya turut serta atas permintaan sang ibu.

Sesampainya di sana sang Prabudilaya berguru dengan kiai JIwa Raga, Prabudilaya sangat cepat mempelajarinya dan sang guru kagum.

Baca Juga: Ini Ungkapan Kekecewaan Kepa Arrizabalaga Saat Gagal Eksekusi Penaliti

Sang Prabudilaya dinikahkan oleh sang guru dengan putrinya yang cantik jelita bernama Dewi Cahaya Karembong sebagai istri keduanya.

Bersamaan dengan itu sang Prabudilayan diminta untuk mencari ilmu lagi tentang Islam ke tatar Sukapura.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Ari Dwi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x