Dedemit Gorda Topeng Raksasa,  Salah Satu Seni Tradisional Unggulan Jawa Barat 

- 13 Maret 2022, 07:48 WIB
Sejumkah warga sedang membuat topeng Dedemit  Gorda, salahsatu  seni tradisional asli Pandangandaran yang menjadi unggila Jawa Barat
Sejumkah warga sedang membuat topeng Dedemit Gorda, salahsatu seni tradisional asli Pandangandaran yang menjadi unggila Jawa Barat /Asep Nurdin RA/PrianganTimurNews

 

PRIANGANTIMURNEWS – Ada yang tahu Dedemit Gorda?  “Dedemit Gorda” yaitu kesenian citra seni visual berupa pertunjukkan puluhan topeng raksasa dengan iringan musik tertentu.

Bahan yang digunakan berupa topeng kayu, sabut kelapa, daun kelapa, “kolotok sapi”, ijuk, dan  jaring plastik.

Kesenian ini berasal dari Kampung Gorda, Desa Banjarharja, Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Gemar Mendengarkan Musik, Nomor 4 Menjadi Energik dan Semangat

Kelompok masyarakat yang menggagas seni budaya “Dedemit Gorda” sekarang ini sedang membuat puluhan topeng sebagai perangkat utama. Selain itu, mereka sedang membuat sekaligus merangkai sejumlah aksesoris untuk melengkapi kostum (pakaian) “Dedemit Gorda”, agar tampil menarik.

Acim Warga Desa Banjarharja mengatakan, penggagas dibuatnya “Dedemit Gorda”, warga Kecamatan Kalipucang yaitu Almarhum Aceng Hasim M.Pd. Dibuatnya kesenian tersebut untuk membangkitkan kembali kreatifitas dan inovasi budaya yang ada sehingga bisa berkembang dan terjaga kelestariannya.

Baca Juga: Jadwal TV SCTV Hari Ini Minggu, 13 Maret 2022: Saksikan Arsenal Vs Leicester, Film Sin, dan Dewi Rindu

“Kesenian ini digagas dan diciptakan oleh almarhum Bapak Aceng Hasim, beliau juga dulunya mantan Kepala Bidang Kebudayaan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran,” Ungkapnya.

Acim menjelaskan, kesenian berjenis helaran seperti “Dedemit Gorda” diperlukan oleh Kabupaten Pangandaran sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x