MATAN dan Komuji Hadirkan Tasawuf Dalam Ekspresi Seni Abad 21

- 29 September 2021, 18:34 WIB
Poster Matan Music Bless
Poster Matan Music Bless /Tangkap layar/

PRIANGANTIMURNEWS- Pengurus Pusat MATAN (Mahasiswa Ahlith-Thoriqoh al Mu’tabaroh an-Nahdliyyah) bersama Komuji (Komunitas Musisi Mengaji) menyelenggarakan talks show bertajuk MATAN Music Bless dengan tema “Khazanah serta nilai sufisme dalam perkembangan sosial dan budaya popular” yang akan disiarkan secara langsung melalui Zoom dan YouTube Komuji Indonesia pada Rabu 29 September 2021 mulai pukul 19.30.

MATAN Music Bless kali ini menghadirkan narasumber Habib Husein Ja’far Al-Hadar, DR Asep Salahudin (penulis dan cendikiawan muslim) dan Kalis Mardiasih (penulis dan aktivis perempuan muslim).

Acara akan dibuka oleh Plt. Ketua Umum Pengurus Pusat MATAN dan Plt. Kepala Pusdatin Kemendikbud DR Hasan Chabibie atau yang lebih akrab disapa Gus Hasan juga Ketua PW Jawa Barat MATAN dan Wakil Direktur Pascasarjana UIN SGD Bandung DR. Ajid Thohir, M.Ag.

Baca Juga: Ciptakan Hubungan yang Harmonis, Satgas TNI Anjangsana ke Tokoh Adat

Acara juga dihadiri Kholil Mahmud (vokalis Efek Rumah Kaca), Dewi Gita, Panji Sakti (song writer, composer dan penyanyi) dan Recvolable.

Founder Komuji Indonesia Eggy Fauzi mengatakan, keragaman latar belakang pembicara yang berasal dari kalangan akademisi, cendikiawan, aktivis sosial dan praktisi kebudayaan (seniman) melahirkan perbincangan yang kaya akan perskpektif dan ketajaman kajian.

“Tasawuf atau nilai-nilai sufisme tidak hanya bisa dilacak pengaruhnya pada ragam kesenian tradisional seperti seni debus, tari Seudati atau wayang saja, tetapi juga dapat dirasakan kehadirannya dalam berbagai ekspresi seni di abad 21 kini," kata Eggy dalam keterangan persenya, Rabu 29 September 2021.

Baca Juga: Prediksi Lineup Tottenham vs Aston Villa Preview, Prediksi Skor, Link Siaran Langsung Premier League 2021-2022

Eggy menuturkan, kajian mengenai tasawuf dan nilai-nilai sufisme yang mungkin terdengar asing dan terkesan berat menjadi terasa lebih ringan karena perbincangan dipandu secara santai oleh Kang Wawan Gunawan, M.Ag (aktivis dialog antar umat beragama) dan Amaranoeve (model dan influencer muda). Perbincangan juga terasa lebih hangat dengan penampilan dari para special guests (Kholil ERK dan Panji Sakti).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah