Selidiki Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng, Pemkab Garut dan Polres Diminta Turun Tangan

- 26 Februari 2022, 22:17 WIB
Minyak goreng masih langka di Garut. Tampak warga sedang antre untuk mendapatkan minyak goreng di sebuah minimarket di Jalan Cimanuk, Tarogong Kidul, belum lama ini.
Minyak goreng masih langka di Garut. Tampak warga sedang antre untuk mendapatkan minyak goreng di sebuah minimarket di Jalan Cimanuk, Tarogong Kidul, belum lama ini. /Aep Hendy/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Kelangkaan minyak goreng di semua daerah hingga kini masih terus terjadi. Tek terkecuali di Kabupate Garut.

Untuk itu Pemkab dan Polres diminta segera turun tangan untuk mengungkap penyebab langkanya bahan pokok masyarakat tersebut

Pemerhati sosial yang juga aktivis '98, Hasanuddin, menyebutkan hingga saat ini tidak ada peristiwa penting yang mengganggu produksi minyak goreng di Indonesia termasuk di Garut.

Baca Juga: Doa untuk Anak Mohon agar Diberikan Keselamatan

Sehingga dapat dipastikan kelangkaan ini bukanlah disebabkan oleh keterbatasan stok minyak goreng atau kelangkaan akibat produksi/industri hulu.

Oleh sebab itu, tutur Hasanuddin, perlu dilakukan penyelidikan dan pengawasan distribusi minyak goreng di Kabupaten Garut. Pengwasan harus dilakukan mulai dari gudang distribusi, agen, dan tempat-tempat penjualan, khususnya minimarket.

Penyelidikan dan pengawasan ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada upaya permainan dan kesengajaan yang menyebabkan terjadinya kelangkaan minyak goreng.

Baca Juga: 5 Pemain yang Terlupakan Saat Memperkuat Liverpool, Namun Bersinar dengan Klub Lain

"Apalagi hal ini dilakukan dengan tujuan tertentu yang melawan hukum, yang mengakibatkan terganggunya perekonomian di daerah dan masyarakat luas," ujar Hasanudin seperti dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat Sabtu 26 Februari 2022.

Untuk itu, menurutnya, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) sebaiknya segera bekerja sama dengan Polres Garut untuk melakukan penyelidikan dan pengawasan langsung rantai distribusi minyak goreng di kabupaten Garut.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x