Perut Kembung Sebelum Menstruasi, Hilangkan dengan Cara Ini

- 15 Februari 2021, 22:04 WIB
Ilsystrasi sakit pertu saat sedang menstruasi
Ilsystrasi sakit pertu saat sedang menstruasi /Faktualnews.co/

PRIANGANTIMURNEWS - Menstruasi atau haid yang kerap disebut juga datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.

Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Wanita yang tengah menstruasi kadang diawali beragam keluhan, di antaranya perut kembung.

Kondisi ini bisa terjadi saat sebelum hingga di awal periode menstruasi. Perut kembung juga dikenal sebagai salah satu dari beberapa gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang dapat terjadi 1-2 minggu sebelum menstruasi.

Baca Juga: 6 Tanda Hidup Kita Dirahmati, Periksa Hal Ini Dalam Diri

Perut kembung sebelum dan selama periode menstruasi bisa terjadi akibat perubahan kadar hormon seks progesteron dan estrogen. Sekitar sepekan sebelum periode menstruasi dimulai, kadar hormon progesteron menurun.

Berkurangnya kadar progesteron ini menyebabkan rahim melepaskan lapisannya, yang menyebabkan pendarahan menstruasi. Selain menyebabkan perdarahan menstruasi, penelitian menunjukkan bahwa perubahan kadar progesteron dan estrogen menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam.

Dilansir Priangantimur dari Medical News Today, berikut tips mengatasi perut kembung saat menstruasi:

Baca Juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Lanud Wiriadinata Gelar Rapid Test Massal

1. American Heart Association merekomendasikan membatasi asupan garam harian tidak lebih dari 2.300 mg. Hindari makanan olahan lantaran mengandung banyak garam. Sebagai gantinya, fokuslah makan aneka buah,sayuran, serta makanan sehat lainnya seperti protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

2. Banyak orang percaya bahwa minum lebih banyak air dapat meningkatkan Retensi Air (adalah kondisi ketika tubuh mengalami kelebihan cairan), dan mampu meningkatkan fungsi ginjal. Namun belum ada bukti ilmiah akan hal ini. Pastikan untuk minum banyak air pada hari-hari menjelang menstruasi. Selalu membawa botol air yang berisikan air minum ketika bepergian.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah