Perilaku Orangtua yang Bisa Membuat Anak Jadi Egois, Simak Baik-Baik!

- 9 Mei 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi orangtua yang tengah mengasuh anak-anak.
Ilustrasi orangtua yang tengah mengasuh anak-anak. /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS- Kadang dengan alasan 'demi anak', banyak orangtua yang sering tanpa sadar mengganggu kenyamanan orang lain di sekitarnya.

Tanpa kita sadari, sifat orangtua seperti inilah yang akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang egois. Demi masa depan anak, jadilah teladan yang baik baginya!

Kemampuan untuk menyadari keberadaan orang lain, dan memahami isi hati orang lain adalah salah satu fase tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Begini Tradisi Halal Bihalal, Sejarah Beserta Tujuannya

Tetapi ia masih belum terampil dan memahami cara berperilaku sebagai sebuah bagian dari masyarakat.

Sambil memperhatikan semua ucapan dan perilaku orangtua, karakter apa yang akan ia miliki di kemudian haripun akan tercetak mulai dari sekarang. Saat mengasuh anak, pasti terkadang ada saat-saat di mana kita sulit menaati aturan sosial yang ada, bukan?

Kesempatan anak mempelajari aturan atau norma sosial bukan hanyalah dari orangtua saja, melainkan juga dari orang dewasa lainnya. Berikanlah kesempatan kepada anak untuk bisa tumbuh menjadi manusia sosial yang sehat.

Baca Juga: Niat Puasa Syawal, Bolehkah Digabungkan dengan Puasa Senin Kamis?

Ketertiban umum adalah aturan yang dibuat agar masyarakan bisa berhubungan dengan baik, hidup dengan damai dan harmonis. Karena itu, Andalah yang harus jadi panutan anak dalam menaati tata tertib yang ada.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @parentinganakofficial


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x