Rosemary, Si Tanaman Harum yang Ternyata Miliki Segudang Manfaat

- 22 Februari 2023, 19:34 WIB
Tanaman Rosemary yang harum dan miliki banyak manfaat didalamnya.
Tanaman Rosemary yang harum dan miliki banyak manfaat didalamnya. /Pexels/


PRIANGANTIMURNEWS - Miliki bahasa Latin Rosmarinus Officinalis, tanaman Rosemary ternyata memiliki segudang manfaat yang salah satunya dapat menyuburkan rambut.

Rosemary merupakan sebuah tanaman herbal yang harum dan dikenal luas karena manfaatnya sebagai bahan dasar produk kosmetik dan perawatan rambut.

Selain itu, Rosemary juga digunakan dalam pengobatan tradisional yang telah digunakan selama berabad abad tahun lamanya.

Baca Juga: Resesi Sex Sebabkan Pemerintah Jepang Memilih Jalur Perjodohan! 

Tanaman ini awalnya banyak tumbuh di daerah Mediterania, namun di Indonesia kini tanaman ini sudah tidak asing lagi.

Rosemary juga memiliki banyak kandungan didalamnya, salah satunya antioksidan didalam Rosemary mengandung sejumlah besar senyawa antioksidan yang berguna untuk tubuh manusia.

Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas. Yang mana hal tersebut terbentuk ketika tubuh terpapar sinar matahari, polusi bahkan stres.

Tanaman harum ini juga memiliki senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan dalam tubuh, yaitu senyawa anti inflamasi.

Baca Juga: Tujuh Tanaman Dilarang Ditanam di Depan Rumah

Selain itu, beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyawa dalam Rosemary dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker pada berbagai jenis kanker, seperti prostat dan kanker lainnya.

Bahkan, anti bakteri dan anti jamur dalam Rosemary juga sangat berguna untuk kesehatan manusia.

Adaun beberapa studi juga menunjukkan bahwa ekstrak yang terdapat dalam Rosemary, dapat membantu melawan bakteri Staphylococcus aureus yang mana merupakan penyebab umum dalam infeksi kulit.

Tak hanya itu, manfaat lainnya dari tumbuhan Rosemary ini juga mengandung senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga: 4 Tanaman Hias Berikut Mampu Hilangkan Stress dan Cocok Menjadi Dekorasi Ruangan

Yaitu senyawa seperti asam rosmarinat dan karnosol yang terkandung dalam Rosemary, dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Verry Wll Fit


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x