Pertemuan Presiden AS Joe Biden dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Membangun Kembali Hubungan Kedua Negara

- 15 Juli 2021, 19:10 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Angela Merkel.
Presiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Angela Merkel. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS– Kanselir Jerman Angela Merkel berkunjung White House untuk melakukan pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden.

Pertemuan berlangsung pada Kamis, 15 Juli 2021, dengan tujuan membangun kembali hubungan kedua negara yang pernah memburuk di bawah pimpinan mantan Presiden AS Donald Trump.

Kunjungan dilakukan sebelum masa jabatan Angela Merkel habis dan merupakan salah satu agenda pertemuan ke luar negeri sejak awal pandemi Covid-19.

Angela Merkel, salah satu pemimpin dengan reputasi yang baik serta dihormati, terutama berkaitan dengan urusan luar negeri.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Ayah dari Krisdayanti dan Yuni Shara Meninggal Dunia

AS dan Jerman merupakan sekutu utama NATO yang pernah berselisih dalam beberapa masalah sulit, termasuk pembangunan pipa Nord Stream 2 dari Rusia ke Jerman di bawah Laut Baltik, Washington khawatir adanya peningkatan ketergantungan Eropa terhadap gas Rusia.

Keduanya menolak kebijaksanaan untuk melakukan mitra dengan China atas kesepakatan bisnis, pembatasan perjalanan menuju AS dari Eropa, serta penolakan Jerman mengenai keringanan paten sementara dalam mempercepat produksi vaksin Covid-19.

Dilansir Reuters pada Kamis 15 Juli 2021, pejabat kedua pemerintah menuturkan bahwa Biden dan Merkel saling berhadapan mengenai serangkaian masalah lebih luas, kemungkinan akan bekerja sama melawan ancaman demokrasi di seluruh dunia, perang melawan serangan siber Rusia, agresi teritorial Eropa Timur, serta dominasi China dalam teknologi canggih.

Baca Juga: Gara-Gara Menunda Pelayanan, Akhirnya Pihak Rumah Sakit JK Lakukan Islah dengan Keluarga Pasien

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah