Ilmuwan Asal Negeri Jiran Klaim Natuna Milik Malaysia, Faktanya Begini

- 11 April 2022, 11:34 WIB
Sebuah kapal  sedang melakukan pemantaian di Pulau Natuna yang selalu menjadi rebutan karena kekayaan alamnya.
Sebuah kapal  sedang melakukan pemantaian di Pulau Natuna yang selalu menjadi rebutan karena kekayaan alamnya. /YouTube dari Jagat Nusa /

PRIANGANTIMURNEWS - Pulau Natuna memang memiliki banyak potensi yang dihasilkan dari kekayaan alam. Tidak heran jika sampai sekarang pulau Natuna masih terus menjadi sengketa dua negara.

Pulau Natuna secara legalitas resmi milik Indonesia. Namun ada beberapa negara yang mengklaim memiliki hak seperti halnya China ditambah belum lama ini muncul Natuna di klaim oleh Malaysia.

Klaiman tersebut tiba-tiba dikatakan oleh seorang ilmuwan asal Negeri Jiran di klaim Pulau Natuna punya Malaysia bukan Indonesia.

Baca Juga: Enam Ciri-ciri Perempuan yang Bakal Awet Muda

Perairan Pulau Natuna selalain berbatasan dengan wilayah perairan negara-negara tetangga, juga menyimpan berbagai macam spesies ikan dan biota laut lainnya.

Sering terdengar Pemerintah Indonesia beberapa kali saling singgung dengan China terkait kepemilikan Laut Natuna, kini dengan pengamat Malaysia.

Pedahal wilayah kepulauan Natuna sudah sejak lama menjadi prioritas Kementerian Pertahanan untuk dijaga dan dipertahankan sebagai teritorial Bangsa Indonesia

Dosen Universiti Sains Islam Malaysia dan Associate Fellow di Institute of Oceanography and Environment, Universiti Malaysia Terengganu, Mohd Hazmi Mohd Rusli.

Baca Juga: Bagaimana Jika Haid Melanda di Bulan Suci Ramadhan, Simak Penjelasannya Berikut Ini!

"Sejarah Kepulauan Laut Natuna tidak terlepas dari pengaruh negara-negara bagian di Malaysia sejak zaman dulu."kata Hazmi dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Jagat Nusa Senin 11 April 2022.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube dari Jagat Nusa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x