Taliban Selidiki Informasi Tentang AS yang Membunuh Pimpinan Al Qaeda

- 4 Agustus 2022, 20:57 WIB
Penyelidikan klaim AS yang telah mrmbunuh Pimpinan Al Qaeda
Penyelidikan klaim AS yang telah mrmbunuh Pimpinan Al Qaeda /Reuters/



PRIANGANTIMURNEWS - Taliban pada Kamis mengatakan pemerintah tidak memiliki informasi tentang pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri "masuk dan tinggal" di ibu kota Kabul dan memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak pernah mengulangi serangan di tanah Afghanistan.

Amerika Serikat membunuh Zawahiri dengan rudal yang ditembakkan dari pesawat tak berawak ketika dia berdiri di balkon di tempat persembunyiannya di Kabul pada hari Minggu, kata para pejabat AS, dalam pukulan terbesar bagi para militan sejak Navy SEAL AS menembak mati Osama bin Laden lebih dari satu dekade lalu.

Para pemimpin tinggi Taliban telah mengadakan diskusi panjang tentang bagaimana menanggapi serangan pesawat tak berawak AS, kata tiga sumber dalam kelompok itu.

Baca Juga: RESMI! PSSI Umumkan Tiga Pemain Naturalisasi yang Akan Tampil di FIFA Matchday 2022

Bagaimana reaksi Taliban dapat memiliki dampak yang signifikan ketika kelompok itu mencari legitimasi internasional dan akses ke miliaran dolar dalam dana beku, menyusul kekalahan mereka dari pemerintah yang didukung AS setahun yang lalu.

Kematiannya di Kabul menimbulkan pertanyaan tentang apakah ia menerima perlindungan dari Taliban, yang telah meyakinkan Amerika Serikat sebagai bagian dari perjanjian 2020 tentang penarikan pasukan pimpinan AS bahwa mereka tidak akan menampung kelompok-kelompok militan lainnya.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Reteurs


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x