10 Kesepakatan Kerjasama Bidang antara Indonesia-Iran dalam Kunjungan Ebrahim Raisi

- 23 Mei 2023, 20:00 WIB
Presiden Iran Ebrahim Raisi (kiri) dalam kunjungan kenegaraannya pada hari Selasa, 23 Mei 2023 telah membicarakan 10 kesepakatan kerjasama bidang dengan Indonesia.
Presiden Iran Ebrahim Raisi (kiri) dalam kunjungan kenegaraannya pada hari Selasa, 23 Mei 2023 telah membicarakan 10 kesepakatan kerjasama bidang dengan Indonesia. /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS - Presiden Iran Ebrahim Raisi akhirnya melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbanyak di Dunia.

Raisi beserta delegasinya tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 23 Mei 2023 tepatnya pukul 10:30 WIB.

Menjadi kunjungan pertama kalinya yang dilakukan Ebrahim Raisi setelah dilantik sebagai Presiden Iran pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Serukan Revolusi untuk Hentikan Perang di Pertemuan KTT G7

Kedatangannya diiringi oleh Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, serta Korp Musik Pasukan Pengaman Presiden. Disambut baik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta staf kepresidenan.

Jokowi didampingi pula oleh beberapa Menteri, diantaranya adalah: Menteri Luar Negeri, Sekretaris Negara, Menteri ESDM, Kepala BRIN, Wakil Menteri Kesehatan, Duta Besar Indonesia dan Menteri Perdagangan.

Dalam kunjungan Raisi di hari pertama, Indonesia dan Iran telah menyepakati 10 bidang kerjasama yang berfokus pada lingkup kesehatan dan perdagangan.

Baca Juga: Presiden Iran Telepon Joko Widodo, Serukan Pertemuan Darurat OKI Bahas Situasi Palestina

Bidang kerjasama tersebut meliputi:

1. Preferensi perdagangan,
2. Pemberantasan peredaran gelap narkotika zat psikotropika, dan prekursornya,
3. Bidang Ilmu Teknologi (Iptek) dan Inovasi,
4. Jaminan Produk Halal,
5. Pengembangan sektor energi,

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x