Oarfish, Mitos dan Fakta Dibalik Kemunculan Ikan Laut Dalam

- 28 Juli 2023, 21:22 WIB
Ikan laut dalam yang ditemukan beberapa penyelam di laut Ruifang, Taipei, Taiwan bulan Juli 2023. Ikan tersebut sering dikaitkan dengan bencana alam dalam mitos Jepang.
Ikan laut dalam yang ditemukan beberapa penyelam di laut Ruifang, Taipei, Taiwan bulan Juli 2023. Ikan tersebut sering dikaitkan dengan bencana alam dalam mitos Jepang. /Instagram/@chengruwung/

PRIANGANTIMURNEWS - Oarfish mendadak menjadi perbincangan hangat di media sosial, khususnya warganet Indonesia yang sepertinya cukup asing dengan ikan tersebut.

Oarfish sendiri adalah ikan laut dalam, yang sangat langka untuk ditemui penyelam atau nelayan.

Bentuknya tidak seperti ikan biasa, namun memanjang dengan warna sisik silver dan sirip atas berwarna merah gelap yang khas.

Baca Juga: Hiu Paus Terdampar di Pantai Sanjuan NTT, DKP: Situasi ini Tak Boleh Dimanfaatkan

Ikan tersebut menjadi viral di dunia maya setelah beberapa penyelam menemukan kemunculan Orafish di di lepas pantai Ruifang, Taipei, Taiwan.

Dengan kedalaman 200 hingga 1000 kaki, pada bulan Juni 2023 lalu.

Video tersebut di unggah pertama kali oleh Wang Cheng-Ru yang juga seirang instruktur selam di akun Instagram pribadinya @Chengruwang.

"Banyak hewan menakjubkan yang bisa ditemukan di timur laut Taiwan. Namun, ini adalah kali pertama saya bertemu oarfish raksasa," tulis Cheng-Ru.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2023, Paus Emeritus Benediktus XVI Dikabarkan Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x