TNI Angkatan Laut Lakukan Upaya Meminimalisir Risiko Terjadinya Kecelakaan di Laut

- 7 Juni 2021, 18:18 WIB
Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati SPd.M.A.P.CHRMP tengah menyerahkan bantuan alat keselamatan pelayaran kepada Ketua Tim SAR Barakuda Pangandaran belum lama ini.
Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati SPd.M.A.P.CHRMP tengah menyerahkan bantuan alat keselamatan pelayaran kepada Ketua Tim SAR Barakuda Pangandaran belum lama ini. /Dok. TNI AL Pangandaran/

PRIANGANTIMURNEWS- Tugas TNI Angkatan laut yakni melaksanakan tugas TNI Matra laut di bidang pertahanan, serta menegakan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan Internasional yang telah diratifikasi dan tugas lainnya yang tertuang di dalam Undang-Undang tentang TNI.

TNI Angkatan laut juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keselamatan pelayaran. Seperti yang dilakukan oleh Pos TNI Angkatan Laut Pangandaran Lanal Bandung telah mensosialisasikan dan memberikan bantuan alat keselamatan pelayaran kepada nelayan di Pangandaran beberapa waktu lalu.

Pgs. Komandan Pos TNI Angkatan Laut Pangandaran Kapten Laut(KH) Agus Wadyo mengatakan, bahwa sesuai amanat Undang Undang Pelayaran bahwa setiap kapal yang akan melaksanakan pelayaran agar selalu memperhatikan dan dilengkapi alat keselamatan pelayaran sebelum melakukan pelayaran.

Baca Juga: Cara Daftar PPDB Jabar 2021 Tahap 1 SMA/SMK/SLB, Direkomendasikan menggunakan Laptop

Hal tersebut ditegaskan Kapten Agus, karena masih terjadinya kecelakaan laut yang dialami oleh nelayan di Pangandaran khususnya saat melaut yang menimbulkan korban jiwa yang mayoritas nelayan tidak memperhatikan atau menggunakan alat keselamatan pelayaran sebelum pergi melaut, seperti yang belum lama ini terjadi di pantai timur Pangandaran sehingga mengakibatkan tiga orang nelayan asal Pangandaran meninggal dunia.

"Masih banyak nelayan di Pangandaran tidak menggunakan alat keselamatan pelayaran seperti salahsatunya tidak mengenakan life jacket," kata Kapten Agus, Senin, 7 Juni 2021.

Maka kata dia, Pangkalan TNI AL Bandung dalam hal ini Pos TNI AL Pangandaran dengan program dari Komando Atas agar selalu mensosialisasikan keselamatan pelayaran.

"Kami juga telah membagikan alat keselamatan pelayaran kepada nelayan di Pangandaran," ujar Kapten Agus didampingi Wadanpos TNI AL Pangandaran Peltu Laut Dayat Sudrajat.

Baca Juga: Ibunya Jadi Bahan Candaan Netizen di Tik Tok, Atta Halilintar Marah

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x