91 Ekor Sapi di Pangandaran Positif PMK, Pusat Distribusikan 3.800 Dosis Vaksin

- 29 Juni 2022, 14:22 WIB
Untuk pencegahan virus PMK, hewan kurban sapi sehat diprioritaskan akan divaksinasi oleh petugas Dinas Pertanian Kab Pangandaran.
Untuk pencegahan virus PMK, hewan kurban sapi sehat diprioritaskan akan divaksinasi oleh petugas Dinas Pertanian Kab Pangandaran. /PRITIM/PRMN/NERI JANUARI STIANI/

PRIANGANTINURNEWS- Hari raya Idul Adha tinggal beberapa hari lagi, Tim vaksinator di Kabupaten Pangandaran gencar melakukan pemeriksaan dan vaksinasi bagi hewan kurban.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran ada 91 ekor sapi yang terindikasi positif penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Menurut tenaga dokter hewan Dinas Pertanian Kab Pangandaran drh. Rosania, ada 91 ekor sapi yang terindikasi positif PMK, 31 ekor diantaranya sudah sembuh.

Baca Juga: Sinopsis Melur Untuk Firdaus Episode 20: Firdaus Nekat Masuk Ke Apartement Dee, Ada Apa?

"Kami sedang melakukan vaksinasi untuk upaya pencegahan. Sementara untuk hewan yang sakit kita tangani dengan pengobatan," ungkap Rosania saat diwawancarai melalui telepon, Selasa, 28 Juni 2022.

Dia mengatakan, selama ini untuk pasokan hewan kurban di Kab Pangandaran masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, pasalnya untuk penyediaan hewan kurban dari lokal hanya sekitar 25 persen saja.

"Kebanyakan hewan kurban yang dari luar sudah terjangkit virus sehingga menular ke hewan kurban lokal yang sehat," ujarnya.

Baca Juga: PSSI Mengajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Begini Kata Ketua Umum PSSI

Di Tempat terpisah, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Suryadi mengatakan, bahwa pihaknya telah mendapatkan pendistribusian vaksin sebanyak 3.800 dosis dari pemerintah pusat.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x