Picu Gempa Bumi 3,8 Magnitudo di Kuningan, Waspada! Sesar Baribis di bagian Utara Jabar

- 22 Desember 2022, 12:11 WIB
screenshot gempa bumi yang mengguncang Kuningan, Jabar./Instagram/@bmkgbandung.
screenshot gempa bumi yang mengguncang Kuningan, Jabar./Instagram/@bmkgbandung. /

PRIANGANTIMURNEWS- Gempa bumi kembali guncang daerah Pulau Jawa diakibatkan pergerakan sesar aktif. Kali ini terjadi di kawasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar).

Gempa bumi yang terjadi pada dini hari Kamis, 22 Desember 2022 pukul 04:18 WIB tadi, diduga merupakan efek dari pergerakan sesar Baribis segmen Ciremai.

Dilansir dari antaranews.com, bahwa gempa yang memiliki skala 3,8 magnitudo ini terletak pada titik koordinat 6,99 LS dan 108,48 BT yang tepatnya berlokasi di 1 km barat daya dataran Kabupaten Kuningan, Jawa barat dengan kedalaman 5 km.

Baca Juga: Ayah yang Memotong Alat Kelamin Anak Kandungnya di Tasikmalaya Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Diduga kuat gempa bumi di Kuningan Kamis pagi ini dipicu aktivitas Sesar Baribis Segmen Ciremai,” ungkap kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami (BMKG), Daryono dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif,” lanjutnya.

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan dengan skala intens III MMI atau getaran yang dirasakan nyata dalam rumah, seolah sedang ada truk yang sedang maju). Laporan tersebut disampaikan BMKG melihat respon dari masyarakat.

Baca Juga: Pelajar SMK Negeri 1 Pangandaran Latihan Membuat Robot dan Merakit Laptop

Selain itu gempa bumi yang diakibatkan pergerakan sesar Baribis ini, dirasakan pula getarannya sampai Cirebon dan Majalengka dengan skala intens II-III yang dirasakan oleh beberapa masyarakat seperti benda-benda ringan yang bergoyang di dalam rumah.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x