Sistem Kerja dan Fungsi Jantung yang Sehat

- 5 September 2021, 22:56 WIB
Sistem kerja dan fungsi jantung yang sehat.
Sistem kerja dan fungsi jantung yang sehat. /Alodokter/

PRIANGANTIMURNEWS- Fungsi jantung sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia. Perannya dalam memompa darah ke seluruh tubuh membuat seluruh sistem dan organ di dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik. Ketahui lebih jauh fungsi jantung bagi tubuh dan cara kerjanya.

Jantung terletak di bagian tengah dada, tepatnya sisi kiri tubuh. Jantung yang normal dan sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik dalam memompa darah. Jantung yang berdetak terus-menerus, mampu mengalirkan lebih dari 14.000 liter darah setiap harinya.

Ukuran dan Anatomi Jantung

Jantung manusia berukuran hampir sebesar kepalan tangan. Organ tubuh ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu serambi kanan dan kiri serta bilik kanan dan kiri. Setiap bagian jantung ini dipisahkan oleh lapisan dinding yang disebut septum.

Baca Juga: Inilah Ragam Makanan Sehat untuk Jantung

Melalui bagian-bagian itu pula proses pemompaan darah berlangsung. Untuk memastikan alur aliran darah, terdapat 4 katup yang dapat membuka dan menutup. Semua katup tersebut bertugas menjaga darah mengalir ke arah yang benar.

Empat katup pada jantung, yaitu:

- Katup mitral, berada di antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup ini disebut juga katup bikuspid kerena memiliki dua daun katup
- Katup aorta, berada di antara bilik kiri dan aorta atau batang nadi
- Katup trikuspid, berada di antara serambi kanan dan bilik kanan serta memiliki tiga daun katup
- Katup pulmonalis, berada di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis

Fungsi Jantung Berdasarkan Bagian-bagiannya
Setiap bagian dari anatomi jantung memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya secara lebih mendetail:

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x