Sebuah Studi Ungkap Minum Kopi dan Teh Secara Teratur Dapat Mengurangi Risiko Demensia dan Stroke

- 20 November 2021, 16:36 WIB
Ilustrasi kopi dan teh,/Pmj News
Ilustrasi kopi dan teh,/Pmj News /

PRIANGANTIMURNEWS - Studi yang dilakukan Tianjin Medical University di Tianjin mengungkapkan khasiat minum kopi dan teh secara teratur dapat mengurangi risiko stroke dan demensia.

Dalam sebuah studi yang diungkap di PLOS Medicine pada pengamatannya orang yang berusia 50 sampai 74 tahun telah menganalisis pada 360 ribu peserta yang dilakukan 10 hingga 14 tahun.

Hasil penelitian menunjukan bagi orang yang minum kopi dan teh menghasilkan luar biasa dalam tubuh jika terartur. Selama studinya pada 5.079 peserta yang mengalami demensia dan 10.053 peserta yang mengalami stroke.

Baca Juga: Download Video YouTube melalui y2mate.com Secara Gratis Mengubah File Dalam Bentuk MP3 Audio dan MP4 Full HD

Penelitian tersebut menunjukan bagi orang yang minum 2-3 cangkir kopi, 3-5 cangkir teh, atau dengan mengkombinasikan 4 sampai 6 cangkir kopi dan teh per hari mengalami risiko terendah terkena stroke dan demensia.

"Temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi moderat kopi dan teh secara terpisah atau dalam kombinasi dikaitkan dengan risiko stroke dan demensia yang lebih rendah," jelas penulis penelitian seperti dilansir dari PMJ News pada Sabtu, 20 November 2021

Secara rinci, orang yang minum 2-3 cangkir kopi dan 2-3 cangkir teh, dengan total 4-6 cangkir memiliki risiko demensia 28 persen lebih rendah dan stroke 32 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak minum keduanya.

Baca Juga: WASPADA! 5 Ciri-ciri Diabetes yang Sering Tidak Disadarai, No 2 Paling Banyak Dirasakan Semua Orang

"Apa yang hanya bisa kami katakan adalah bahwa dalam penelitian ini, orang yang melaporkan minum kopi atau teh dalam jumlah sedang cenderung tidak mengalami stroke atau demensia dalam 10 tahun masa tindak lanjut," kata kepala American Stroke Association Advisory Committee, Lee H Swamp.

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x