5 Penyakit Yang Sering Muncul Saat Musim Hujan, Harus Jaga Kesehatan

- 16 November 2022, 07:02 WIB
ilustrasi hujan
ilustrasi hujan /pexels

PRIANGANTIMURNEWS- Musim hujan seringkali mendatangkan berbagai penyakit. Flu menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerang orang karena cepat sekali menular.

Saat musim hujan jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak dan masuk ke tubuh manusia. Daya tahan tubuh yang tidak kuat semakin membuat virus berkembang hingga akirnya menyebabkan penyakit.

Kebanyakan saat musim hujan penyakit yang sering muncul adalah flu, namun tidak hanya flu ada beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan:

Baca Juga: Heboh! Ronaldo Tumbang, Mbappe Datang, Dampak Konflik Ronaldo di Manchester United

1. Diare
Diare ini disebabkan karena mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Cara mencegah diare sendiri sebenarnya mudah banget. Kamu bisa mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir, buang air besar pada tempatnya dan menjaga kebersihan serta kesehatan makanan.

2. Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit akibat nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan gejala demam tinggi dan flu. Kalau tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah bisa mengancam nyawa.

Di musim penghujan, perkembangbiakan nyamuk meningkat, sehingga ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: POSSI Jabar Sebut Pantai Pangandaran Cocok untuk Selam Laut. Wabup: Menjadi Sarana Promosi Wisata

3. Influenza
Virus influenza bisa menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat. Gejala penyakit 'langganan' di musim hujan ini ditandai dengan rasa tidak enak badan, demam, pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot dan sendiri.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @infokesesehatan_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x