Kasus Kematian Akibat Amoeba Pemakan Otak Pertama di Korsel, Kenali Sebab, Gejala dan Pengobatan!

- 29 Desember 2022, 17:41 WIB
Ilustrasi amoeba pemakan otak
Ilustrasi amoeba pemakan otak /

PRIANGANTIMURNEWS – Korea Selatan (Korsel) melaporkan kasus kematian pertamanya yang disebabkan oleh infeksi yang diakibatkan oleh amoeba Pemakan otak atau yang dikenal dengan nama ilmiah Naegleria Fowleri yang menyerang seorang kakek berumur 50 tahun.

Dilansir dari indianexpress.com, dilaporkan pada hari Senin, 26 Desember 2022 bahwa kakek tersebut baru saja pulang dari Thailand setelah berada di negara tersebut selama empat bulan dan meninggal 10 hari setelah menunjukan gejala infeksi yang fatal.  

Kakek tersebut kembali ke Korea Selatan pada 10 Desember 2022, selang satu hari sang kakek dibawa ke ruang gawat darurat setelah mulai merasakan gejala: sakit kepala, muntah, pegal dileher dan bicara cadel laporan dari Badan Pengendali dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Baca Juga: Real Valladolid Vs Real Madrid, Berikut Jadwal, Prediksi dan Link Streaming Laga Kedua Tim

Dilaporkan kakek tua itu meninggal pada 21 Desember, dan ditemukan bahwa yang menyebabkan kematian tersebut adalah infeksi yang disebabkan oleh Naegleria Fowleri.

1)      Lalu, Apa sebenarnya Naegleria Fowleri itu?

Naegleria adalah sejenis amoeba, organisme bersel tunggal dan hanya satu spesies saja dari jenis Naegleria yang menyerang manusia yaitu Naegleria Fowler. 

menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS. Ini pertama kali ditemukan di Australia pada tahun 1965 dan umumnya ditemukan di perairan air tawar yang hangat, seperti mata air panas, sungai, dan danau.

 Baca Juga: Waspada! Gelombang Tinggi Ancam Wilayah Selatan Jawa Barat, Ini Kata BMKG

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: indianexpress.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x