Bagaimana Jika Ginjal dalam Tubuh Tinggal Satu? Simak Penjelasan Dokter Spesialis!

- 14 Desember 2023, 06:12 WIB
Operasi transplantasi ginjal pertama yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar (RSWS) dengan pendampingan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)/ ANTARA/HO-Kemenkes
Operasi transplantasi ginjal pertama yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar (RSWS) dengan pendampingan oleh tim transplantasi ginjal RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)/ ANTARA/HO-Kemenkes /

PRIANGANTIMURNEWS - Spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, FINASIM, menyebutkan bahwa orang yang cuma punya satu ginjal masih bisa ngelewatin kehidupan dengan gaya kekinian.

“Jadi kalo misalnya ada orang cuma punya satu ginjal yang masih oke, hidupnya tetep keren kok! cuma, emang jelas sih, soalnya dulu punya dua ginjal, sekarang tinggal satu, pasti ada downgrade dikit lah ya (fungsi ginjalnya),” kata Pringgodigdo pada Senin 11 Desember 2023.

"Banyak yang cuma punya satu ginjal, misalnya yang tukeran ginjal buat bantu yang butuh, yang lahir dengan satu ginjal dari sononya, atau yang operasi cabut ginjal gara-gara urusan kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: DPR RI Desak Segera Disalurkan Dana Santunan Pasien Gagal Ginjal

Pringgodigdo ungkap bahwa, orang yang cuma punya satu ginjal bakal ngalamin penurunan performa ginjal, biasanya sekitar 50 persen.

Tapi gausah khawatir, meski cuma separuh, hidupnya masih bisa normal abis dan tetep bisa nyicipin aktivitas.

Menurut dia, ginjal yang masih ada bakal otomatis nyiapin cadangan dan meningkatin performanya jadi lebih dari 50 persen.

Baca Juga: Seorang Ibu Mau Jual Ginjal, Demi Melunasi Utang Pinjol Anaknya

“Jadi, masih bisa aktivitas normal lah, karena kalo fungsi ginjal cuma 30 persen aja, biasanya tidak bakal ngerasa ribet apa-apa,” jelas Pringgodigdo.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x