Macam-macam Sholat Sunah, Penting bagi Umat Islam

- 19 Februari 2021, 21:42 WIB
Sholat berjemaah.
Sholat berjemaah. /Lingkar Madiun/

PRIANGANTIMURNEWS- Sholat menurut bahasa artinya doa. Menurut istilah yaitu suatu amalan ibadah yang terdiri dari ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan syarat yang ditentukan.

Dalam agama Islam, shalat terbagi menjadi dua bagian, pertama, sholat wajib atau fardhu. Sholat ini wajib dikerjakan oleh seluruh umat Islam baik itu perempuan maupun laki-laki baligh. Sholat fardhu terdiri dari sholat shubuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya.

Kedua, sholat sunnah. Sholat ini sering disebut sholat nawafil atau tathawwu’, yaitu sholat-sholat yang tidak diwajibkan baik secara perorangan atau berjamaah. Namun, memiliki pahala yang sangat besar.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Tahu Yang Harus Anda Ketahui

Sholat sunnah terdiri dari beberapa macam, yaitu:

1. Sholat Rawatib, yaitu sholat sunnahh yang dikerjakan sebelum atau setelah sholat fardhu. Dilihat dari aspek hukum, sholat rawatib terbagi menjadi dua, yaitu mua’akad (sunnah yang dikuatkan atau penting) dan ghairu mua’akad (sunnah yang tidak terlalu penting). Jumlah sholat sunnah rawatib ada 22 rakaat.

2. Sholat (syukur) Wudhu, yaitu sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan selesai berwudhu.

3. Sholat Tahiyyatul Mesjid, yaitu sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebagai penghormatan kepada mesjid.

4. Sholat Tahajjud, yaitu sholat sunnah malam (lail) dengan sedikitnya dua rakaat dan tidak dibatasi jumlah banyaknya. Sholat ini dilakukan sesudah sholat isya sampai terbit fajar.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah