Disebut Tanaman yang Serba Guna, Inilah 6 Manfaat dari Pohon Kelapa

- 19 Februari 2021, 20:36 WIB
Pohon kelapa.
Pohon kelapa. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Diantara sekian banyak pepohonan yang Allah SWT, ciptakan di muka bumi ini, semuanya sangat memberi manfaat kepada manusia. Bahkan ada salah satu pohon, yang seluruh bagian pohon nya bisa dimanfaatkan, yaitu pohon kelapa.

Berikut adalah bagian dari pohon kelapa beserta cara memanfaatkan nya:

1. Batang
Meskipun batangnya tidak beranting, namun mempunyai fungsi yang sama dengan batang pohon pada umumnya, salah satunya yaitu dapat dijadikan sebagai kayu bakar atau bahan lainnya.

Baca Juga: Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia

2. Daun
Bisanya daun kelapa sering digunakan untuk membuat janur pernikahan, atau cangkang ketupat pada saat hari raya. serta bisa dijadikan alat mainan anak (dengan dibentuk seperti ular ataupun ular naga).

3. Lidi
Lidi bekas daunnya, sangat berguna untuk membersihkan lingkungan sekitar, yaitu dengan cara diikat untuk dijadikan sebuah sapu lidi.

Baca Juga: Pengen Hasil Bagus Motret dengan Kamera Hape, Ini 7 Tips  yang Harus Dilakukan

4. Sabut
Baguan sabut kelapa yang mungkin hanya terlihat seperti sampah, namun bagi para tangan kreatif sabut kelapa sangatlah memberi peluang besar untuk dijadikan bisnis, yaitu dengan mengolahnya menjadi sebuah keset. Dan hasilnya bisa mendatangkan rupiah.

5. Batok
Batok kelapa banyak digunakan sebagai bahan pembuatan cindera mata, atau alat rumah tangga, seperti gantungan kunci, liontin kalung, bros, centong, gelas, gayung dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x