Macam-Macam Air Suci yang Menyucikan Hadats dan Najis, Kamu Harus Tahu

- 29 Maret 2021, 22:54 WIB
Ilustrasi air laut yang menyeruak ke permukaan.
Ilustrasi air laut yang menyeruak ke permukaan. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Air merupakan kebutuhan yang utama bagi seluruh manusia di muka bumi ini, tanpa adanya air, maka tidak ada kehidupan.

Dalam Islam, air dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu Thahir-muthahir (air suci yang mensucikan), Musyammas (air suci yang kena panas matahari), Thahir ghaira muthahir (air suci tapi tidak bisa digunakan untuk bersuci), Air Mutanajis (air yang tidak bisa digunakan untuk bersuci).

Air suci yang mensucikan (Thahir-muthahir) adalah air yang zatnya suci (murni) dan bisa dipakai untuk mensucikan najis dan hadats. Selain itu, air suci yang mensucikan (Thahir-muthahir) juga disebut sebagai air mutlak.

Baca Juga: Liverpool Berhasrat Mendapatkan Jasa Bek Tengah Napoli di Jendela Transfer Musim Ini

Dilansir priangantimurnews dari Buku Tuntunan Shalat Wajib dan Sunnah Lengkap karya Rofidah Rinawati, S.Ag. Air suci mensucikan terdiri dari tujuh macam, yaitu:

Pertama, Air Hujan.

Air hujan adalah air yang diturunkan dari langit. Menurut ilmu pengetahuan, air hujan turun karena asap atau udara kotor yang dihasilkan oleh perilaku manusia di bumi, kemudian membuat awan menjadi hitam, dan menurunkan air hujan.

Air hujan merupakan rezeki yang Allah Swt limpahkan kepada makhluknya baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Jika lingkungan kotor seperti sampah dimana-mana, gunung dijadikan pemukiman, maka air hujan tersebut menjadi malapetaka atau bahaya yaitu banjir bandang.

Baca Juga: Provinsi Jawa Barat Kembali Berduka, Kabupaten Indramayu dan Bandung

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x