Masjid Harus Bisa Berkontribusi Pencapaian Ekonomi dan Pendidikan dalam SDGs

- 24 November 2021, 07:32 WIB
WEBINAR Ilmiah Masjid III 1443 H/2021 M, yang diselenggarakan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) bekerjasama dengan Masjid Salman ITB pada Sabtu-Ahad, 20-21 November 2021.
WEBINAR Ilmiah Masjid III 1443 H/2021 M, yang diselenggarakan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) bekerjasama dengan Masjid Salman ITB pada Sabtu-Ahad, 20-21 November 2021. /Mochammad Iqbal Maulud/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Masjid-masjid di Indonesia perlu didorong menjadi miniatur terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) di tingkat komunitas.

Untuk itu, asosiasi atau perhimpunan-perhimpunan masjid sangat dibutuhkan perannya agar pencapaian SDGs masjid dan komunitasnya mendapatkan dukungan yang terorganisasikan dengan baik. 


Salah satu bentuk dukungan asosiasi masjid adalah menjadi wadah untuk menyebarkan dan mengkolaborasikan praktik-praktik terbaik program-program SDGs di antara sesama masjid.

Baca Juga: Cara Mudah dan Singkat Download Video YouTube Gratis Tanpa Aplikasi, Convert MP3 dan MP4 Kualitas 4K

Asosiasi masjid terutama diharapkan berperan mendorong anggotanya berkontribusi dalam pencapaian sasaran-sasaran pendidikan maupun ekonomi dalam SDGs. 


Demikian beberapa kesimpulan utama dari Webinar Ilmiah Masjid III 1443 H/2021 M, yang diselenggarakan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) bekerjasama dengan Masjid Salman ITB pada Sabtu-Ahad, 20-21 November 2021 lalu.


Webinar Ilmiah Masjid III diharapkan dapat menjadi ajang berbagi gagasan maupun pengalaman kegiatan berbagai masjid, khususnya dalam konteks pencapaian SDGs di atas.

Baca Juga: JPU Cabut Tuntutan Terdakwa Valencya, Tak Terbukti Lakukan KDRT Psikis

Lebih jauh lagi, seminar Ilmiah yang menjadi kegiatan rutin tahunan AMKI ini diharapkan menjadi wadah menumbuhkan dan mengasah budaya intelektual di kalangan para aktivis dan takmir masjid. 


"Tanpa budaya intelektual yang kokoh, tidak mungkin peradaban Islam akan kembali bangkit dan bersemi," ujar Prof Suwarno, Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, yang menjabat Ketua YPM Salman ITB pada Selasa 22 November 2021 seperti dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x