Lupa Niat Puasa di malam Hari, Jangan Khawatir Bisa Melakukan Niat di Pagi Hari Ini Penjelasannya

- 3 April 2022, 21:41 WIB
Niat Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan
Niat Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS – Niat merupakan hal yang harus kita lakukan apalagi untuk niat puasa di bulan Ramadhan usahakan jangan sampai lupa untuk mengucapkan niat Puasa.

Akan tetapi itu bukan hal yang mutlak ketika kita lupa mengucapkan niat puasa ada jalan keluarnya dan jangan khawatir tidak dianggap puasa asal mengikuti cara cara dibawah ini. 3 April 2022.

Sudah menjadi pemahaman bersama umat Islam di Indonesia yang notabene mayoritas bermazhab Syafi’i, bahwa niat puasa wajib khususnya puasa Ramadhan harus dilakukan pada waktu malam hari di mana keesokan harinya akan menjalani puasa.

Baca Juga: Ini Bacaan Saat Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Rentang waktu malam ini adalah waktu setelah terbenamnya matahari (maghrib) sampai dengan sebelum terbitnya fajar shadiq (belum masuk waktu shalat subuh).

Berdasarkan sabda Rasulullah Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari maka tak ada puasa baginya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, dan Ibnu Majah; lihat Hasan Sulaiman Nuri dan Alwi Abas al-Maliki, Ibanatul Ahkam fii Syarhi Bulughil Maram, juz 2, hal. 376)

Seperti dijelaskan Imam Nawawi al-Bantani dalam Kâsyifatus Sajâ, untuk puasa wajib, termasuk puasa bulan Ramadhan, niat yang demikian itu harus dilakukan setiap malam karena puasa dalam tiap-tiap harinya adalah satu ibadah tersendiri.

Dengan demikian, bila seseorang lupa belum berniat pada malam hari maka puasa pada siang harinya dianggap tidak sah.

Baca Juga: Ini Bacaan Saat Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x