Anjuran Memperbanyak Shalawat pada Hari Jum'at

- 4 April 2022, 09:45 WIB
Ilustrasi Dzikir dan Membaca Sholawat/Freepik
Ilustrasi Dzikir dan Membaca Sholawat/Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Shalawat secara bahasa artinya doa. Sedangkan, menurut istilah, Shalawat bisa diartikan sebagai sanjungan kekaguman.

Sekaligus permohonan seorang hamba kepada Allah SWT melalui ungkapan mulia agar Allah SWT senantiasa memuliakan Nabi Muhammad SAW.

Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah memperbanyak shalawat di hari Jumat, Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Sahur dan Berbuka Selama Berpuasa

Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro)

Hadis lain yang menganjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat di hari Jumat adalah dari sahabat Aus bin Aus RA bahwa Nabi SAW bersabda:

"Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat, karena itu perbanyaklah membaca shalawat untukku. Sesungguhnya shalawat kalian ditampakkan kepadaku.

Baca Juga: Lirik Lagu Terbaru ' Syirillah Ya Ramadhan ' Dari Syakir Daulay Feat Nadzira Syafa, Menyambut Bulan Ramadhan

Sahabat bertanya, "Bagaimana shalawat kami bisa ditampakkan kepada Anda, sementara Anda sudah menjadi tanah (di kubur)?" Beliau Rasulullah SAW menjawab, "Sesungguhnya Allah Ta'ala mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi." (HR. Abu Daud, Nasa'i dan Ibnu Majah)

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Shalawatin Aja Karya Muchis Marshal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x