Berikut Keutamaannya Surah Al Quraisy

- 13 April 2022, 12:19 WIB
Ilustrasi Alquran Surah  Al Quraisy
Ilustrasi Alquran Surah Al Quraisy /orami

,

PRIANGANTIMURNEWS- Alquran merupakan pedoman kehidupan bagi umat Islam. Untuk mempelajari dan memahami kandunganAlquran seorang muslim harus memiliki kemampuan untuk membacaAlquran terlebih dahulu.

Adapun waktu utama membacaAlquran di luar sholat adalah di malam hari. Paruh kedua malam utama dibanding paruh utama. Disunahkan membacanya ketika selang waktu maghrib dan isya.

Sementara waktu siang yang dianjurkan ialah ketika usai sholat subuh. Pada prinsipnya kapanpun membacaAlquran diperbolehkan tidak ada kemakhruhan untuk membaca Alquran kapan saja, bahkan membacaAlquran di waktu yang dimakhrukan sholat sekalipun tetap diperbolehkan.

Baca Juga: Update Ciro Alves akan Segera Diresmikan oleh Persib Bandung, Bobotoh Menyambut Gembira

Salah satu surah dalam Alquran yang penting untuk diketahui makna dan keutamaannya adalah surah Al-Quraisy.

Surah Al Quraisy memiliki keutamaan yang luar biasa. Menurut riwayat Imam Al Baihaqi tentang masalah khilafiyah dari Ummu Hani’ Binti Abu Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

“Allah mengutamakan suku Quraisy dengan tujuh karakter, diantaranya yaitu bahwa Allah menurunkan surah dalam Alquran untuk mereka.” Kemudian Rasulullah membaca surah ini.”

Baca Juga: Empat Kalimat Dzikir yang Luar Biasa, dr. Zaidul Akbar: Subhanallah Besar Sekali Pahalanya

Kagumlah kalian pada kebiasaan suku Quraisy, yakni suku dari bangsa Arab yang paling agung yang berasal dari keturunan An Nadhar bin Kinanah dan merupakan sukunya Nabi.
Kata ‘lilaf’ merupakan Masdar dari kata Alifa yakni persembahan keramah-tamahan.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x