Merasa Lemas Saat Puasa Justru Karena Malas Bergerak

- 13 April 2022, 12:22 WIB
Ilustrasi lemas saat berpuasa./Freepik
Ilustrasi lemas saat berpuasa./Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS- Orang yang berpuasa tidak perlu khawatir untuk tetap beraktivitas, karena beraktivitas justru akan membuat tubuh tetap segar.

Benar jika hari pertama dan kedua tubuh akan lemas karena adaptasi dengan kebiasaan baru, tetapi hari-hari berikutnya tubuh mulai akan terbiasa dengan hal tersebut. Bahkan sahur hanya dengan satu dua butir kurma pun bisa fit sepanjang hari.

Kuncinya adalah tidak menghentikan aktivitas, bahkan disarankan untuk tetap berolahraga ringan secara teratur walau dalam keadaan berpuasa.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Cowok Ilfeel Sama Kamu

Di dalam tubuh kita terdapat hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Sifat insulin adalah menyerap gula yang ada di pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan kekurangan gula.

Keadaan ini dibaca oleh otak melalui pesan yang dikirimkan oleh saraf sehingga kemudian perut merasakan lapar.

Aktivitas dan gerakan otot yang dilakukan akan membantu mengeluarkan hormon anti insulin yang bisa menyeimbangkan hormon insulin sehingga tubuh kita tidak merasa begitu lemas dan perut tidak lapar.

Baca Juga: Update Ciro Alves akan Segera Diresmikan oleh Persib Bandung, Bobotoh Menyambut Gembira

Oleh karena itu, orang yang berpuasa jangan menghabiskan sepanjang harinya untuk tidur karena hal tersebut justru mengakibatkan tubuh terasa lemas.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @ngajaksehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x