8 Amalan Bulan Dzulhijjah, Puasa Arafah Hingga Taubat

- 28 Juni 2022, 18:41 WIB
Ilustrasi beberapa amalan yang bisa dilakukan seorang muslim pada bulan Dzulhijjah.
Ilustrasi beberapa amalan yang bisa dilakukan seorang muslim pada bulan Dzulhijjah. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan dalam kalender Islam yang termasuk ke dalam bulan haram selain Muharam, Rajab, dan Dzulqa'dah.

Selain disyariatkan melaksanakan qurban dan haji, terdapat beberapa amalan lain yang bisa dilakukan oleh seorang muslim pada bulan Dzulhijjah.

Dikutip priangantimurnews dari Kanwil Kemenag Jabar, berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan seorang muslim di bulan Dzulhijjah.

Baca Juga: Pasar Resik Pancasila Jabar Juara Memberikan Kenyamanan

1. Puasa
Puasa Arafah menjadi salah satu ibadah yang sunnah dilakukan setiap muslim di bulan Dzulhijjah tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Keutamaan puasa pada hari tersebut menurut sebuah hadits ialah dihapuskannya dosa setahu lalu dan setahun yang akan datang.

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun lagi. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun lalu.” (HR Muslim).

Selain puasa Arafah, muslim juga bisa melakukan ibadah sejenis lainnya Senin-Kamis.

Ada juga sejumlah ulama yang berpendapat puasa sunah dimulai dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah. Sebagaimana Imam An Nawawi mengatakan dalam Kitab Al Majmu' jilid 6, "Dan di antara puasa sunnah juga puasa sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah."

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenag Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x