Khutbah Jumat Singkat dan Padat tentang Qurban, Ketaatan Nabi Ibrahim, dan Tafsir Surat Al Kautsar

- 8 Juli 2022, 04:44 WIB
Berikut khutbah Jumat singkat dan padat yang membahas tentang qurban dan ketaatan Nabi Ibrahim.
Berikut khutbah Jumat singkat dan padat yang membahas tentang qurban dan ketaatan Nabi Ibrahim. /pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Sebagaimana kita tahu bahwa sebentar lagi kita akan merayakan Idul Adha, maka khutbah Jumat singkat dan padat dengan tema qurban yang mengisahkan ketaatan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan tafsir Surat Al Kautsar akan sangat relevan untuk dibahas.

Dalam khutbah Jumat singkat kali ini, pokok bahasan mengenai qurban tidak akan berfokus pada bahasan hukum fiqihnya.

Tetapi, dalam khutbah Jumat singkat dan padat ini, qurban akan dibahas lebih secara esensial dan substansial, dan lebih kepada apa yang dimaksud oleh Allah dalam melaksanakan qurban tersebut.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat 8 Juli 2022, yang Menyentuh Hati Bertemakan Idul Adha

Oleh sebab itu, akan lebih kuat pula jika khutbah Jumat singkat dan padat tentang qurban ini juga disertakan dengan kisah ketaatan Nabi Ibrahim AS, serta tafsir Surat Al Kautsar tersebut.

Karena dengan memahami kisah Nabi Ibrahim, dan dengan memahami maksud dan tafsir dari Surat Al Kautsar itulah substansi dan esensi dari ibadah qurban akan dapat dipahami dalam khutbah Jumat yang singkat dan padat ini.

Oleh sebab itu, berikut kami sajikan isi khutbah Jumat singkat dan padat yang akan membahas qurban, kisah ketaatan Nabi Ibrahim, dan tafsir Surat Al Kautsar tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Puasa Tarwiyah dan Arafah? Simak Tata Cara, Keutamaan Hingga Bacaan Niatnya

Sebagai catatan, dalam artikel khutbah Jumat singkat dan padat ini, kami tidak akan menyertakan mukaddimah sebagaimana dalam khutbah biasanya.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x