Tahun Baru Islam 1 Muharram Jatuh Pada Tanggal 30 Juli 2022? Simak Selengkapnya Disini!

- 27 Juli 2022, 16:45 WIB
ilustrasi penetapan tanggal 1 Muharram 1444 H.
ilustrasi penetapan tanggal 1 Muharram 1444 H. /

PRIANGANTIMURNEWS - Berkenaan dengan berakhirnya tahun Hijriyah 1443 Hijriyah atau sudah memasuki bulan akhir dari tahun Hijriyah yaitu Dzulhijjah, pastinya umat muslim mencari tahu kapan tepat terjadinya tahun baru islam 1 Muharram 1444 H pada kalender Masehi. 

Bila kita merujuk pada kalender Masehi awal bulan Dzulhijjah, itu bertepatan dengan tanggal 1 Juli 2022 sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dimungkinkan awal tahun baru islam 1 Muharram jatuh pada tanggal akhir bulan Juli. 

Walau ada perbedaan dengan penetapan yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah yang jatuh pada tanggal 30 Juni 2022. Awal tahun baru islam 1 Muharram bisa saja jatuh pada tanggal yang sama. 

Baca Juga: Akhirnya Terungkap: Inilah Fakta Dan Profil Putri Cendrawati, Istri Kadiv Propam Ferdy Sambo

Namun hal ini menyebabkan umat muslim menjadi bingung harus pegang pada sumber yang mana karena belum adanya keputusan yang pasti dari Pemerintah. 

Bila merujuk pada kalender bulan Juli 2022, maka sebenarnya awal atau 1 Muharram 1444 Hijriyah akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022.

Namun bila kita mengikuti keputusan dari pemerintah, harus menunggu sidang isbat yang akan digelar pada akhir bulan Dzulhijjah atau pada tanggal 29 Djulhijah 1443 Hijriyah. 

Baca Juga: Witan Sulaeman Dilepas Lechia Gdansk, Netizen Indo Serukan Unfollow Instagram Klub Tersebut

Perbedaan ini tentunya disebabkan oleh pemerintah yang menetapkan aturan baru dalam menentukan awal bulan Hijriyah yang tergabung dalam organisasi MABIMS atau yang disingkat dengan Menteri Agama Brunei Darussalam Indonesia Malaysia dan Singapura. 

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Youtube Coretan Pinsil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x