Sebentar Lagi Menuju Tahun Baru Islam, Berikut Doa Akhir dan Awal Tahun 1 Muharam 1443 H

- 6 Agustus 2021, 11:18 WIB
Ilustrasi doa awal dan akhir tahun 1 Muharam 1443 H.
Ilustrasi doa awal dan akhir tahun 1 Muharam 1443 H. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS– Bertepatan pada tanggal 10 Agustus 2021, umat islam tengah merayakan Tahun Baru Islam 1443 H.

Muharam adalah bulan pertama dalam hitungan kalender Qamariyah Membaca doa awal dan akhir tahun merupakan suatu hal yang dianjurkan dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H.

Selain berdoa di awal dan akhir tahun, terdapat amalan-amalan yang lainnya yang dianjurkan dilaksankan pada bulan Muharam.

Diantaranya yaitu berpuasa sunnah Tasu’a dan Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Muharam, atau bertepatan pada 18 dan 19 Agustus 2021.

Baca Juga: Tiga Puasa Sunah di Bulan Muharam, Ini Jenis Puasa dan Niatnya

Bulan Muharam termasuk bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Pada bulan ini selain merupakan Tahun Baru Islam, terdapat pristiwa yang bersejarah dalam agama islam, dianatanya hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Oleh karena itu, yu kita berdoa di awal dan akhir tahun 1 Muharam 1443 H. Berikut bacaan doa awal dan akhir tahun:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah