Keutamaan Hari Asyuro dan Anjuran Mengerjakan Amalan-Amalan Baik di Dalamnya

- 26 Juli 2023, 23:31 WIB
  Ilustrasi Puasa Asyuro/Nasihat Sahabat.
Ilustrasi Puasa Asyuro/Nasihat Sahabat. /
PRIANGANTIMURNEWS - Tahun Baru 1 Muharram 1445 sudah mau memasuki hari ke sepuluh. Hari ke sepuluh ini lebih dikenal dengan istilah Yaumil Asyuro. Asyuro bersasal dari kata Asyarah yang artnya sepuluh.

Hari Asyuro adalah hari yang sangat bersejarah. Banyak peristiwa penting yang terjadi pada Hari Asyuro ini. Salah satu peristiwa peristiwa penting yakni ketika Allah menyelamatkan Nabi Musa AS dan kaumnya serta menenggelamkan Fir'aun dan bala tentaranya.

Dilansir dari halamam mui.or.id, kaum Nabi Musa AS saking bahagianya mereka selamat dari kejaran tentara Fir;aun, mereka mengenangnya dengan melakukan ibadah puasa pada hari tersebut.
 
Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Arafah 1444 H, Dilaksanakan Hari Ini, Rabu 28 Juni 2023

Tradisi puasa pada Hari Asyuro ini kemudian dilestarikan oleh Nabi Muhammad SAW dan melarang puasa tersebut kepada umatnya.

Hari Asyuro juga merupakan hari bersejarah yang diagungkan dari masa ke masa. Maka kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW sudah sepatutnya mengikuti anjuran Baginda Nabi.

Di hari Asuro ini ada beberapa amalan yang diajurkan untuk kita laksanakan. Anjuran melalkukan amal kebaikan tersebut diantaranya yakni:

* Umat Muslim dianjurkan mengerjakan puasa sunnah pada Hari Asyuro atau tanggal 10 Muharram. Adapun keutamaan mengerjakan puasa pada Hari Asyuro ini dipertegas dalam Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh HR.Muslim.
 
Baca Juga: CATAT! Ini Jadwal Puasa Dzulhijah 2023, Simak Keutamaan dan Bacaan Niatnya!

"Puasa pada Hari Asyuro menghapus dosa setahun yang lalu," (HR.Muslim)

* Anjuran lainnya yakni mengerjakan puasa Tasu'a atau puasa sunnah pada hari kesembilan di Bulan Muharram. Hal ini juga diriwayatajukkan oleh Ibnu Abbas , "Pada waktu Rosulullah dan para sahabatnya mengerjakan puasa Asyuro, para sahabat 9 kepada Nabi SAW bahwa Hari Asyuro diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani," Maka Nabi tenggelam, "Tahun depan Insya Allah kami akan berousa juga pada hari kesembilan, akan tetepi sebelum sampai ke tahun depan Rasulullah wafat," (HR.Muslim dan Abu Daud

)

* Anjuran ketiga yakni memperbanyak sedekah. Dalam menyambut bulan Muharram agar banak bersedekah membantu anak-anak yatim,membantu keluarga, kerabat, kaum dhuafa dan orang-orang miskin yang membutuhkan.
 
Baca Juga: Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah Tahun 2023, Simak Niatnya!

Hal ini dipertegas juga oleh Hadist yang diriwayatkan oleh HR.Baihaqi,"Siapa yang memperluaskan pemberian untuk keluarganya atau ahlinya,Allah akan memperluaskan rizki orang tersebut dalam satu tahunnya," (HR.Baihaqi). ***
 

Editor: Muh Romli

Sumber: mui.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x