Manfaat Latihan Fisik Aerobik dan Anaerobik

- 27 Februari 2021, 18:35 WIB
Ilustrasi sedang berolahraga.
Ilustrasi sedang berolahraga. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Olahraga sangat berguna untuk kesehatan fisik manusia. Agar mendapatkan fisik yang kuat dianjurkan untuk berolahraga minimal seminggu sekali. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh manusia salah satunya olahraga jenis fisik aerobik dan anaerobik.

Olahraga fisik aerobik adalah jenis latihan yang meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan dalam jangka waktu yang relatif lama. Sedangkan, fisik anaerobik adalah latihan yang melibatkan aktivitas intens dalam waktu yang singkat.

Dilansir dari P2PTM kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI menyatakan beberapa manfaat latihan fisik aerobik dan latihan fisik anaerobik.

Baca Juga: Kuliah di Kota Banjar, Ini Enam Sekolah Tinggi yang Bisa Kamu Pilih!

Manfaat latihan fisik aerobik di antaranya adalah:

1. Meningkatkan kesehatan tubuh

Latihan aerobik dapat meningkatkana kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Jenis latihan aerobik bisa berupa lari atau jogging di pagi hari, atau bisa juga berupa senam yang akhir-akhir ini menjadi favorit warga Indonesia.

2. Menurunkan berat badan

Jika kamu ingin diet, latihan fisik aerobik adalah salah satu solusiya. Olahraga ini tidak terlalu berat untuk dilakukan dan sangat mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun. Namun, latihan aerobik ini harus dilaksanakan secara rutin agar dapat hasil atau manfaat yang maksimal.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: p2ptm Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah