Lantik Rektor UIN Riau dan IAHN Mataram, Menag: Kritik Sebagai Daya Hidup Perguruan Tinggi

- 19 Mei 2021, 18:26 WIB
Prosesi pelantikan dua rektor yaitu rektor UIN Riau dan IAHN Mataram.
Prosesi pelantikan dua rektor yaitu rektor UIN Riau dan IAHN Mataram. /Kemenag/

PRIANGANTIMURNEWS– Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) hari ini melalui Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada Rabu, 19 Mei 2021 resmi melantik dua Rektor Perguruan Tinggi.

Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag, sebagai rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Riau, dan Dr. I Wayan Wirata, A. Ma., S.G. M.Si, sebagai rektor Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram.

Pelantikan kedua rektor tersebut disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Jendral Kementerian Agama Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

Baca Juga: Berhasil Kejar Target 100 Hari Kinerja Kapolri Pasca Dilantik

Seperti dilansir priangantimurnews.com, dalam sambutannya, Menag, Yaqut Cholil Qoumas yang akrab disapa Gus Yaqut, menyampaikan bahwa untuk melaksanakan pendidikan tinggi yang bermutu dan manajemen yang akuntabel, perlu adanya tata kelola perguruan tinggi yang baik dan kepemimpinan yang berkualitas.

Selain itu, Gus Yaqut juga mengatakan bahwa perguruan tinggi merupakan tempat kebebasan berpikir dan ruang perdebatan, yang harus dicari atau digali kebenarannya yang memerlukan pemikiran yang kritis.

Gus Yaqut mengatakan kritik dalam perguruan tinggi diibaratkan sebagai daya hidup perguruan tinggi tersebut.

“Kritik sebagai daya hidup Perguruan Tinggi harus dijamin dan dijaga, karena memang hanya dengan itulah sebuah perguruan tinggi menjadi Perguruan Tinggi. Kritik tidak boleh dipasung,” ucap Gus Yaqut, sebagai Menteri Agama.

Baca Juga: DPRD Pertanyakan Ada Apa Dibalik Diskriminasi Wisata Air Kolam Renang

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah