Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 3.500 Meter

- 19 Mei 2021, 14:27 WIB
Gunung Sinabung kembali semburkan abu vulkanik.
Gunung Sinabung kembali semburkan abu vulkanik. /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS– Gunung Sinabung mengalami erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 3.500 meter di atas puncak pada Rabu 19 Mei 2021.

“Erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 04.48 WIB dengan tinggi kolom 3.500 meter,” ujar petugas pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muhammad Asrori. Dilansir priangantimurnews.com dari Antara pada Rabu 19 Mei 2021.

Muhammad Asrori juga mengatakan saat gunung Sinabung erupsi terlihat sangat jelas abu berwarna kelabu dengan idntensintas di bawa angin condong ke arah Timur dan Selatan Gunung Sinabung.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Tol Ruas Pekanbaru–Padang yang Sedang Dibangun, Target Selesai Desember 2021

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo 120 mm dengan durasi 11 menit 18 detik.

Ia juga menghimbau kepada warga ataupun wisatawan untuk tidak mendekat zona bahaya gunung Sinabung yang telah direkomendasikan.

“ karena aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi dan dapatterjadi erupsi dan awan panas susulan kapan saja. Saat ini Sinabung masih berada pada situasi Level III atau siaga,” ujarnya kembali.

Gunung Sinabung yang terletak di kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara tersebut sebelumnya juga pernah mengeluarkan abu Vulkanik.

Baca Juga: 5 Tips Investasi Saham Ala Lo Kheng Hong

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x