Kemnaker Dorong Peningkatan Kompetensi SDM Indonesia Lewat BLK Komunitas

- 6 Juni 2021, 19:39 WIB
Salahsatu BLK Komunitas.
Salahsatu BLK Komunitas. /Tangkapan layar setkab.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Kemnaker berkomitmen untuk menjaga, mengembangkan, dan meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia melalui pelatihan yang diselenggarakan di BLK dan BLK Komunitas,” ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, di Jakarta, Sabtu 5 Juni 2021.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

“Untuk meningkatkan peran dan mutu BLK Komunitas, salah satunya melalui gelaran Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan BLK Komunitas, yang akan diselenggarakan” Ida menambahkan,pada Selasa 8 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga: KKNT IAIC 2021 dan Perangkat Desa Tanjungbarang Komitmen Bantu Sajikan Pendidikan Bermutu

Deangan adanya tersebut yaitun untuk menjamin manfaat dan keberlanjutan program pelatihan, pada kebutuhan pasar kerja lokal, tanggap peluang dan potensi, kreatif dan inovatif, serta memperbanyak jejaring kerja sama dengan sektor industri.

“Karenanya, dalam setiap pengajuan Proposal BLK Komunitas, harus menyertakan potensi dunia usaha dan dunia industri setempat, agar kejuruan BLK Komunitas yang dibuka selaras dengan peluang yang ada,” ujarnya.

Contohnya seperti binaan Salah satunya adalah Pimpinan BLK Komunitas Attaubah, Pondok Pesantren Kaum, Karawang, Jabar, Hendro Wibowo.

Baca Juga: Bedah Rumah, Pemda Pangandaran Targetkan Setahun untuk 1.000 Rumah

“Secara khusus bagi BLK Komunitas di Kabupaten Karawang, program ini memberikan banyak alternatif menciptakan SDM yang kompeten. Segmentasi usia produktif yang mengikuti pelatihan juga memberikan banyak kesempatan para peserta dalam memilih ingin menjadi apa setelah mengikuti program pelatihan,” papar Hendro.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x